Implementasi Sistem Informasi Akreditasi (SIAKRE) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al-Khairiyah Berbasis Web

Authors

  • Siti Khoeriyah Universitas Al-Khairiyah
  • Siti Cici Carliah Universitas Al-Khairiyah

Keywords:

Akreditasi, Sistem Informasi, Database, MYSQL, PHP

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al-Khairiyah adalah salah satu lembaga pendidikan di Kota Cilegon yang mampu bersaing dengan sekolah negeri yang ada di lingkungan Kota Cilegon dalam perlombaan tingkat Kota, namun pada Fakultas Ilmu Komputer belum memaksimalkan teknologi informasi, terutama dalam hal akreditasi, sehingga kemungkinan data yang disajikan dapat terjadi kekeliruan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah merancang sistem informasi Akreditasi (SIAKRE) pada Fakultas Ilmu Komputer berbasis Web. Metodologi yang digunakan dalam perancangan yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Adapun tahapan dalam perancangan ini yaitu menganalisa sistem yang sedang berjalan dan membuat aplikasi. Tahapan tersebut digambarkan menggunakan Flowmap, Unified Modeling Language (Use Case, Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram), Relasi Antar Tabel, Struktur File. Adapun struktur dari sistem ini dibuat menggunakan PHP dan MySql sebagai basis datanya. Metode yang dipakai dalam Sistem Informasi Akreditasi (SIAKRE) pada fakultas ilmu komputer adalah waterfall, yaitu model yang melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya suatu perangkat aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP penyimpanan data menggunakan database dari MySQL sehingga proses pendataan dan pembuatan laporan pada Akreditasi menjadi efektif dan efisien.

References

[1] Wahyuni Reksaatmodjo, Analisis Dan Perancangan Sistem Basis Data. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2019.

[2] R. H. Sianipar, PHP & MYSQL Langkah Demi Langkah. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2015.

[3] Ir. Y. Supardi and A. Hermawan, Programer Codeigniter Basic. Jakarta: Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, 2018.

[4] A. Kadir, Buku Pintar Programmer Pemula PHP. Yogyakarta: MEDIA KOM, 2013.

[5] D. Hamidi, Analisis Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Budi Utami, 2017.

[6] P. Hidayatullah and J. K. Kawistara, Program WEB. Bandung: Informatika, 2019.

[7] D. Darmawan and D. H. Permanda, Desain Website Dan Pemrograman. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.

[8] M. F. Al Aliem, "Pengembangan Sistem Informasi Borang Akreditasi Berbasis Web pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin JPTK FKIP UNS," Universitas Negeri Sebelas Maret, 2019.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Khoeriyah, S., & Carliah, S. C. (2024). Implementasi Sistem Informasi Akreditasi (SIAKRE) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al-Khairiyah Berbasis Web. Prosiding Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 2, 37–43. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/43198