GENERASI MILENIAL YANG SIAP MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL (SOCIETY 5.0 DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0) DI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Widia Aulia Lestari
  • Yulia Maulani

Keywords:

Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Generasi Milenial. Total Quality Qontrol (TQC)

Abstract

Generasi millenial sangat erat kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0 atau Revolusi Industri Generasi ke empat. Dimana revolusi ini menitikberatkan pola digitalisasi dan otomasi disemua aspek kehidupan manusia. Banyak pihak yang belum menyadari akan adanya perubahan tersebut terutama di kalangan pendidik, padahal semua itu adalah tantangan generasi muda atau generasi millenial saat ini. Apalagi di masa-masa sekarang generasi milenial mempunyai tantangan sendiri menghadapi era revolusi Digital (Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0) Sebagian besar tumbuh dan berkembangan melalui pendidikan, sehingga pendidikan menjadi wahana bagi pengembangan generasi milenial. Untuk itu, maka di perlukannya SDM yang kompeten sebagai aset bagi proses pengembangan generasi milenial yang siap akan problematika dan tantangan, Dengan demikian, SDM menjadi bagian penting dalam proses pengembangan pendidikan bagi generasi milenial. Terdapat lima domain SDM yang dipandang penting dalam pengembangan SDM bidang pendidikan. Kelima domain tersebut adalah: profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama. Namun demikian, pengembangan terhadap kelima domain SDM tersebut diperlukan total quality qontrol (TQC) dan program diklat terpadu agar tercapai efektivitasnya. Total quality qontrol (TQC) merupakan sistem manajemen yang dinamis yang mengikut sertakan seluruh anggota organisasi dengan penerapan konsep da teknik pengendalian kualitas untuk tercapainya kepuasaan pelanggan dalam hal ini generasi milenial.

References

(1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Era Revolusi Industri 4.0: Perlu Persiapkan Literasi Data, Teknologi dan Sumber Daya Manusia. (2018). Diambil 28 Maret 2018 dari http://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/01/17/era-revolusi-industri-4-0- perlu-persiapkan-literasi-data-teknologi-dan-sumber-daya-manusia/

Fakta ketergantungan pada teknologi (2014). Diambil 27 Maret 2018 dari http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/232713-8-fakta-ketergantungan-pada-teknologi.html

Fukuyama, F. 1996. Trust The Social Virtues and the Creation of Prosperity. London: Penguin Books.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarat: Bumi Aksara.

Inovasi disruptif. (2016). Diambil 27 Maret 2018 dari https://id.wiki-pedia.org/wiki/Inovasi_disruptif

Karnawati, D. (2017). Revolusi industri, 75% jenis pekerjaan akan hilang. Diambil dari https://ekbis.sindonews.com/read/1183599/34/revolusi-industri-75-jenis-pekerjaan-akan-hilang- 1488169341

Kasali, R. (2017). Meluruskan Pemahaman soal Disruption. Diambil dari https://ekonomi.kompas.com/read/2017/05/05/073000626/meluruskan.pemahaman.soal. disruption.

Pekerjaan yang diprediksi punahakibatrevolusi industri apasaja. (2018). Diambil 28 Maret 2018 dari https://regional.kompas.com/ read/2018/01/31/17225241/pekerjaan-yang-diprediksi-punah-akibat- revolusi-industri-apa-saja

Rakhmat, J. (1997). Hegemoni budaya. Yogyakarta: Yayasan. Bentang Budaya. Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution. Crown Business Press.

Sikula, Andrew, F. 1981. Personnel Administration and Human Resources Management. New York: A. Wiley Trans

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

UURI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia. Tofler, A. (1970). Future shock. USA: Random House.

Untung rugi revolusi industri 4.0 versi Presiden Jokowi. (2018). Diambil 25 Maret 2018 dari https://www.merdeka.com/uang/untung-rugi-revolusi-industri-40-versi-presiden-jokowi.html

Where machines could replace humans – and where they can’t (yet). (2017).Diambil 28 Maret 2018 dari https://public.tableau.com/profile/ mckinsey.analytics#!/vizhome/InternationalAutomation/ WhereMachines CanReplaceHuma.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Lestari, W. A., & Maulani, Y. (2022). GENERASI MILENIAL YANG SIAP MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL (SOCIETY 5.0 DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0) DI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 1–6. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/18468