STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL DAN GENERASI Z†DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0
Abstract
Persaingan ketat dalam era globalisasi sudah tidak dapat terelakkan sehingga semua generasi millennial dan generasi z harus bisa menghadapinya. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Indonesia perlu mempersiapkan masyarakat berkualitas unggul dengan melibatkan dunia pendidikan. Pendidikan merupakan sarana paling tepat untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul. Bahkan saat ini di Jepang sudah dikenal era industri 5.0 yang berbasis kepada “super smart societyâ€1 yang intinya mengarahkan keseimbangan antara komunitas manusia dan otomasi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik. 10 skill yang harus dimiliki Generasi Millenial yaitu complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligence, judgment and decision making, service orientation, negotiation, and cognitive flexibility. Kemudian Revolusi Industri 1.0 yang pertama terjadi pada abad ke-18 ditandai dengan penemuan mesin uap, revolusi industri 2.0 terjadi di awal abad ke-20. Revolusi industri ini ditandai dengan penemuan tenaga listrik, revolusi ketiga ini dipicu oleh mesin yang dapat bergerak dan berpikir secara otomatis, yaitu komputer dan robot, dan industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Strategi yang dapat digunakan Generasi millennial dan Generasi Z adalah memiliki skill yang terus diasah karena di era globalisasi ini tidak hanya hard skills tetapi soft skills juga karena merupakan kekuatan utama untuk bertahan dalam menghadapi Era Globalisasi ini.
References
https://www.wartaekonomi.co.id/read226785/mengenal-revolusi-industri-dari-10-hingga-40
https://uptown.id/id/2021/07/05/10-future-skills-yang-harus-dimiliki-generasi-milenial-indonesia/
https://idmetafora.com/news/read/333/industry-40-vs-society-50.html
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311