STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL & GENERASI Z” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0

Authors

  • Sinta Nafira
  • Tri Diana Sari

Keywords:

Strategi sumber daya Manusia, keunggulan kompetitif, perkembangan berkelanjutan

Abstract

Perkembangan teknologi dan industri membutuhkan sumber daya manusia yang terampil di semua organisasi  bisnis. Kehadiran  milenial dan Generasi Z segera mendominasi dunia kerja. Ini merupakan tantangan baru bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pengembangan. Studi menunjukkan bahwa kaum milenial pandai menggunakan teknologi, tetapi kurang sabar  untuk bekerja di sebuah organisasi. Kemampuan untuk mempertahankan dan mengembangkan Milenial dan Generasi Z merupakan salah satu faktor keberhasilan suatu perusahaan untuk terus meningkatkan kinerjanya. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) membutuhkan pendekatan  manajemen strategis baru untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Kerangka model keberlanjutan organisasi era 5.0 digunakan untuk memetakan strategi SDM untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Masukan dari model merupakan faktor kunci bagi organisasi untuk mendukung kompetensi inti karyawannya, dengan berkinerja terbaik dan meningkatkan produktivitas.

References

https://onlinelearning.binus.ac.id/2020/12/28/era-new-normal-dorong-masuknya-industri-5-0-dengan-dukungan-generasi-milenial/

https://campuspedia.id/news/ini-dia-10-skill-paling-dibutuhkan-di-tahun-2020-oleh-world-economic-forum/

https://rencanamu.id/post/persiapan-kerja/5-manfaat-yang-kamu-dapatkan-dari-interpersonal-skill

https://www.cermati.com/artikel/pengertian-people-management-dan-cara-meningkatkannya

Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 223-232.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Nafira, S., & Sari, T. D. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL & GENERASI Z” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 22–25. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/18472