STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL & GENERASI Z†DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0
Keywords:
Strategi sumber daya Manusia, keunggulan kompetitif, perkembangan berkelanjutanAbstract
Perkembangan teknologi dan industri membutuhkan sumber daya manusia yang terampil di semua organisasi bisnis. Kehadiran milenial dan Generasi Z segera mendominasi dunia kerja. Ini merupakan tantangan baru bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pengembangan. Studi menunjukkan bahwa kaum milenial pandai menggunakan teknologi, tetapi kurang sabar untuk bekerja di sebuah organisasi. Kemampuan untuk mempertahankan dan mengembangkan Milenial dan Generasi Z merupakan salah satu faktor keberhasilan suatu perusahaan untuk terus meningkatkan kinerjanya. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) membutuhkan pendekatan manajemen strategis baru untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Kerangka model keberlanjutan organisasi era 5.0 digunakan untuk memetakan strategi SDM untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Masukan dari model merupakan faktor kunci bagi organisasi untuk mendukung kompetensi inti karyawannya, dengan berkinerja terbaik dan meningkatkan produktivitas.
References
https://rencanamu.id/post/persiapan-kerja/5-manfaat-yang-kamu-dapatkan-dari-interpersonal-skill
https://www.cermati.com/artikel/pengertian-people-management-dan-cara-meningkatkannya
Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 223-232.
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847