Analisis Program Keuangan Jurusan Tata Boga Di Smk Pandawa Budi Luhur

Authors

  • Cesa Fireta Arisandy Universitas Pamulang
  • Sofa Marwa Universitas Pamulang

Keywords:

Program Keuangan, Tata Boga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program kewirausahaan di SMK Pandawa Budi Luhur, mengetahui pelaku kewirausahaan di SMK Pandawa Budi Luhur, dan mengetahui dampak kewirausahaan terhadap program keuangan di SMK Pandawa Budi Luhur. Metode dengan menggunakan Analisis kualitatif, hasil analisis berupa wawancara kepada para informan SMK Pandawa Budi Luhur, untuk memberikan manfaat sebagai bahan masukan dan pertimbangan kepada pihak SMK Pandawa Budi Luhur. Hasil dari penelitian ini membuktikan agar pemberdayaan pemuda dapat lebih efektif dan efisien, institusi yang melakukan pemberdayaan perlu memasuki komunitas wirausaha dan memberikan pelatihan untuk mengembangkan usaha, lebih sering lagi mengadakan event-event atau exhibition, program disosialisasikan lebih luas, program menyesuaikan dengan perkembangan zaman melalui media sosial dan sarana internet, mengadakan field trip, pemberdayaan yang dilakukan agar mengaplikasikan teknologi informasi serta memperbanyak materi dari wirausaha yang sukses, membuat sistem mentor dengan wirausahawan yang sukses melakukan pembimbingan kepada wirausahawan pemula.

References

Arif S. Sadiman., R. Raharjo., & Anung Haryono. (2007). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pe- manfaatannya. Jakarta: PT. Raja Gra- findo Perkasa.

Arifin Chaniago. (1982). Perkoperasian Indo- nesia. Bandung: Angkasa.

Atwi Suparman. (2001). Desain instruksional. Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depar- temen Pendidikan Nasional.

Azhar Arsyad. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. (2009). Perkembangan beberapa indikator utama sosial- ekonomi Indonesia pada bulan Maret 2009. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Boediono. (3-Desember-2012). Wirausaha- wan Indonesia cuma 1,56 persen.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (2003). Educa- tional research, An introduction (5th ed.). New York: Logman.

Indriyani, W., & Solihin, D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Prima Freshmart Cabang Tangerang Kota. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). 2(4).

Solihin, D., & Wardani, A.Y. (2022). Pengaruh Beban Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Bagian Indirect PT Mitsuba Indonesia di Tangerang. Jurnal Disrupsi Bisnis. 5(5).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surya Dharma. (2009). Kewirausahaan sekolah berbasis kreativitas dan inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume. 15. Edisi Khusus I, 2009, 102- 121.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Syaiful Sagala. (2010). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu me- mecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Thorndike., Edwar, L., & Elizabeth, H. (1965). Measuremant and evaluation in psychology and education. New York: John Wiley.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengem- bangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Arisandy, C. F., & Marwa, S. (2023). Analisis Program Keuangan Jurusan Tata Boga Di Smk Pandawa Budi Luhur. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), 26–29. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/27631