Pemahaman UMK di Kota Padang Terhadap Faktor Psikologi Konsumen dalam Melakukan Strategi Promosi di Era Digital
Keywords:
Pemasaran Digital, Promosi, Psikologi Konsumen, Usaha Mikro dan KecilAbstract
Pemasaran digital merupakan perpaduan antara kemampuan serta pengetahuan dalam mendalami psikologi konsumen dan juga kemampuan serta pengetahuan pelaku usaha akan penguasaan teknologi. Dalam uji validitas terhadap 97 responden didapatkan hasil dimana variable psikologi konsumen yang terdiri dari 30 pernyataan memiliki R sebesar 0.910 sedangkan variable strategi promosi dengan 14 item pernyataan memiliki R sebesar 0.839. Untuk variable pemahaman umk tidak dilakukan uji validitas dan reliabilitas dikarenakan item pernyataan diambil dari PP no. 7 tahun 2021 mengenai kemudahan dan perlindungan UMKM. Desain penelitiannya adalah penelitian deskriptif terhadap data sekunder yaitu untuk mengetahui pengaruh pemahaman dari pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kota Padang terhadap faktor psikologi konsumen dalam melakukan strategi promosi di era digital baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling dengan margin error 10 % sehingga dengan menggunakan teori pendekatan sampel dari Isaac dan Michael maka jumlah sampel pelaku usaha mikro dan kecil yang telah dan pernah melakukan promosi secara digital ini adalah sebanyak 253 responden yang diukur dengan penyebaran kuesioner skala Likert yang dilaksanakan dari bulan Juni tahun 2022 sampai dengan bulan Agustus tahun 2022. Didapatkan kesimpulan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial ternyata tidak terdapat suatu pengaruh dimana pelaku usaha UMK memahami psikologi dari konsumennya dalam menyusun sebuah strategi promosi. Tingkat signifikansi yang hanya 0.000 membuktikan hal tersebut. Perbedaan demografis akan mendapatkan hasil yang berbeda.References
Alfian, Achmad Choiri. (2019). Karakteristik Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Melalui E-Commerce. Jurnal Balance, Vol.XVI (1) Januari 2019.
Cannon, Perreault, & McCarthy. (2009). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.
Chen, M. F. (2020). Effects of psychological distance perception and psychological factors on pro-environmental behaviors in Taiwan: Application of construal level theory. International Sociology, 35(1), 70–89. https://doi.org/10.1177/0268580919881870
Delloite. (2015). UKM Pemicu kemajuan Indonesia : Instrumen pertumbuhan bangsa [Online]. http://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf [31st August 2022]
Gajjar, N. B. (2013). Factors Affecting Consumer Behavior. Humanities and Social Sciences, 1(2), 10–15.
Hapsari, Hakim, & Soeaidy. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Jurnal Wacana, Vol. 17(2). Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.
Hasan, M. R., Jha, A. K., & Liu, Y. (2018). Excessive use of online video streaming services: Impact of recommender system use, psychological factors, and motives. Computers in Human Behavior, 80, 220–228. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.11.020
Joshi, Y., & Rahman, Z. (2019). Consumers’ Sustainable Purchase Behaviour: Modeling the Impact of Psychological Factors. Ecological Economics, 159(1270), 235–243.
Keni Kaniawati. (2019). Analisis Pengaruh Psikologi Konsumen Dan Etnosentrisme Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu Di Cibaduyut Bandung (Studi Kasus Konsumen Diana Shoes Bandung). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 3(2), Oktober 2019.
Kotler, Philip. & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. 16th ed. Essex: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip. & Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. 14th ed. NJ: Prentice Hall.
Okumus, B., Ali, F., Bilgihan, A., & Ozturk, A. B. (2018). Psychological factors influencing customers’ acceptance of smartphone diet apps when ordering food at restaurants. International Journal of Hospitality Management, 72(January), 67–77. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.01.001
Onofri, L., & Nunes, P. A. L. D. (2014). De rationibus est disputandum: Psychological dimensions of choice and public policy design. Ecosystem Services, 10, 172–179.
PP No. 7. (2021) Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. JDIH BPK RI. www.jdih.setkab.go.id
Rangkuti. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sevilla, Consuello. et al. (2007). Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.
Solomon, M., R., & Rabolt, N. (2009). Consumer Behaviour In Fashion, 2nd Edition. NJ: Prentice Hall.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu. & Sukotjo, Ibnu. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.
Vainikka, Bianca. (2015). Psychological Factors Influencing Consumer Behaviour, Bachelor’s Thesis Centria University Of Applied Sciences. June 2015.
Yuen, K. F., Wang, X., Ma, F., & Li, K. X. (2020). The psychological causes of panic buying following a health crisis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10).
https://doi.org/10.3390/ijerph17103513
www.apjii.or.id (20th August 2022)
www.bps.go.id (03rd June 2022)