Analisis Perbandingan NPM dan GPM Sebelum dan Sesudah Menggunakan E-Commerce Pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk

Authors

  • Adelia Rahmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Arini Nur Hartati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

NPM, GPM, E-Commerce, Laporan Keuangan

Abstract

PT. Ace Hardware Indonesia merupakan perusahaan ritel yang bergerak dalam bidang perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup. Saat ini, munculnya dunia jual beli online atau e-commerce telah banyak mengubah lanskap bisnis ritel offline. Perlahan-lahan, banyak dari perusahaan ritel itu beralih ke e-commerce, dan pada awal tahun 2016, PT. Ace Hardware Indonesia melakukan inovasi strategi pemasaran dengan menggunakan e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana analisa perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah penerapan e-commerce pada PT. Ace Hardware Indonesia. Fokus masalah dalam penelitian ini terkait perbandingan laba yang diperoleh pada saat sebelum dan sesudah penggunaan e-commerce. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data laporan keuangan, serta data sekunder berupa jumlah dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan meskipun PT. Ace Hardware Indonesia telah menerapkan e-commerce, tidak terdapat perubahan signifikan dalam net profit margin (NPM) dan gross profit margin (GPM). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce belum secara signifikan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan dalam hal profitabilitas.

References

Akuntansi, J. E., Manajemen, D., Kamaluddin, N., Sukmalaresa, S., & Tegal, P. M. (n.d.). ANALISIS PERBANDINGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN E-COMMERCE (Studi Empiris Perusahaan Incumbent Subsektor Retail Trade di Indonesia). 2021. https://journal.uniku.ac.id/index.php/jeam

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan (I1 ed) . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ni Kadek Adi Istriawati, & I Putu Satwika. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG E-COMMERCE (STUDI KASUS PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK).

Permata Julia, A. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN E-COMMERCE (STUDI KASUS: PT. ACE HARDWARE INDONESIA, TBK PADA SITUS E-COMMERCE RESMI RUPARUPA.COM) COMPARATIVE ANALYSIS OF PROFITABILITY BEFORE AND AFTER USING E-COMMERCE (CASE STUDY: PT. ACE HARDWARE INDONESIA, TBK OFFICIAL E-COMMERCE RUPARUPA.COM).

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Rahmawati, A., & Hartati, A. N. (2024). Analisis Perbandingan NPM dan GPM Sebelum dan Sesudah Menggunakan E-Commerce Pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 815–820. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40333