Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen Minuman Kekinian Haus di Tangerang Selatan

Authors

  • Evan Nur Aswin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Agung Dwi Nurcahyo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Rangga Maulana Zein Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Promosi; Citra Merek; Minat Beli; Haus Indonesia

Abstract

Industri makanan dan minuman kekinian sedang berkembang pesat di Indonesia, termasuk di Tangerang Selatan. Studi ini menginvestigasi pengaruh promosi dan citra merek terhadap minat beli konsumen, fokus pada produk "Haus!". Metode deskriptif kuantitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas data, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan regresi linear berganda. Hasil menunjukkan promosi dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,623 menunjukkan bahwa 62,3% variasi dalam minat beli dapat dijelaskan oleh kedua faktor tersebut. Temuan ini memberikan wawasan bagi industri makanan dan minuman kekinian, terutama bagi perusahaan seperti PT. Inspirasi Bisnis Nusantara. Dengan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat beli, perusahaan dapat meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk mencapai kesuksesan di pasar.

References

Ahmad, F., Rachman, A., Islam, N., & Nurillah, S. (2021). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Baby Crab. COMSERVA Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 94-99.

Basu Swastha. (2007). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta.

Dermawan, M., & Junia, A. A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Indomaret Daan Mogot 30. Wahana Pendidikan, 10 (5), 588-501. DOI: 10.5281/zenodo.10544101

Haus Indonesia (2024, April 25) ‘Haus!’ Resmikan Gerai Flagship di Mal Sarinah Thamrin, Mantapkan Posisi Sebagai Brand Kekinian Asli Indonesia. https://haus.co.id/news.php

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Nurwulandari, A., Darwin, M. (2020). Heywood Case Data Statistics; Using the Model Respesification Technique. Nucleus, 74-78.

Saputra, I. S., Suhartati, S., Yulizar, Y., & Sudirman, S. (2020). Synthesis and characterization of gold nanoparticles (AuNPs) by utilizing bioactive compound of imperata cylndrica L. Indonesian Journal of Applied Chemistry, 22(1), 1-7.

Sudaryanto, S., Subagio, A., Awaliyah, I.N., Wulandari, D., & Hanim, A. (January 2019). Influence of brand image, price and promotion on consumer’s buying decision of fast-moving consumer’s goods with culture as a moderating variable in Basmallah retail store in Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(3), 85-92.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2020). DASAR- DASAR MANAJEMEN PEMASARAN (ketiga). CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Syahputri, N. M., & Marliyah. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap Terhadap Shopping di Kalangan Mahasiswa UINSU. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 282–296.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Aswin, E. N., Nurcahyo, A. D., & Zein, R. M. (2024). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen Minuman Kekinian Haus di Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1039–1046. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40432