Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Wirausaha pada Generasi Z dalam Era Teknologi

Authors

  • Dedeh Noviyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Desiani Puspitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Febriola Saputri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Generasi Z, kemandirian digital, minat wirausaha, era teknologi digital

Abstract

Dalam era teknologi digital yang terus berkembang, minat wirausaha Generasi Z menjadi perhatian utama dalam memahami dinamika ekonomi masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kemandirian digital terhadap minat wirausaha Generasi Z di era teknologi digital. Dengan menganalisis faktor-faktor psikologis, sosial, dan budaya yang mempengaruhi minat wirausaha, serta melihat perbedaan dalam tingkat kemandirian digital di antara Generasi Z dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana strategi pendidikan dan pembinaan dapat membentuk minat wirausaha Generasi Z dalam merintis bisnis di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian digital memainkan peran penting dalam membentuk minat wirausaha Generasi Z. Generasi Z yang memiliki tingkat kemandirian digital yang tinggi cenderung lebih percaya diri dan siap untuk mengambil risiko dalam mengembangkan bisnis di dunia digital. Namun, terdapat kesenjangan dalam minat wirausaha di antara Generasi Z dari latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda, yang dapat diatasi melalui penerapan strategi pendidikan dan pembinaan yang berfokus pada pengembangan kemandirian digital. Melalui integrasi pendidikan formal dan pembelajaran berkelanjutan dalam lingkungan informal, Generasi Z dapat dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam ekonomi digital yang terus berkembang.

References

Irawati dan Fauziah (2018) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berusaha pada Mahasiswa prodi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. Vol.7 no.3 Agustus.

Kurniawan A, Khafid dan Pujiati (2016) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi dan Kepribadian terhadap Minat Wirausaha melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education. 5 (1).

Laura. A. King (2010) Psikologi Umum. Jakarta Selatan: Salemba Humanika

Muhani S. Baga LM.,Triyonggo (2019) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa IPB Menggunakan Metode Regresi Linier. Tadbir Muwahhid.vol.3 no. 2.

Murniati, Sulistyo dan Yudiono (2019) Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan Kewirausahaan, Kreatifitas dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi. Vol 4 no. 2

Mustofa A (2018) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Kewirausahaan Pedagang di Pasar Gentan Ngaglik Sleman Yogyakarta. Institutional Repository UIN Suka Yogyakarta.

Natalia M (2020) Survei: 87% Milenial dan Gen Z Indonesia Ingin Buka Bisnis Baru. Sindonews.com 06 Agustus 2020.

Nugrahaningsih H (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha dengan Efikasi Diri sebagai variabel Intervening pada mahasiswa Universitas 17Agustus 1945 Jakarta. Jurnal Mozaik 10 (1), 1-9.

Nugrahaningsih H & Muslim R(2016) Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha dengan perencanan Strategis sebagai variabel moderating pada mahasiswa Fakutas Ekonomi di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jurnal Media Manajemen Jasa, 3 (2) 2016.

Paulina dan Wardoyo (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosi, Sikap Mandiri, dan Lingkungan terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 3 No. 1 Maret 2012.

Septiawati S (2017) Pengaruh Dukungan Sosial dan Kepribadian Ekstraversi terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy. Vol.4 no.2

Stillman D (2018) Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja (Indonesian Edition) Gramedia Pustaka Utama.

Stoltz (2007) Adversity Quotient: Mengubah Hambatan menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.

Syamsudin A, Hakim L & Atmasari A (2019) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Psimawa, 2 (1), 58-62

Zimmerer & Scarborough (2004) Entrepreneurship and Thr New Veneture Formation. New Jersey: Prentice Hall International.

Zohar D dan Marshal I (2007) SQ: Kecerdasan Spiritual. Cetakan IX Juni. Bandung: Mizan Pustaka.

Zulianto M., Santosa S & Sawiji H (2014) Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Penddikan Tata Niaga FE Universitas Negeri Malang tahun 2013. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 3 (1)

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Noviyanti, D., Puspitasari, D., & Saputri, F. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Wirausaha pada Generasi Z dalam Era Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1065–1074. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40458