Membangun Personal Branding dan Pemanfaatan Artificial Intelegence di Era Digital
Keywords:
Personal Branding, Artificial Intelegence, Kecerdasan Buatan, Era DigitalAbstract
Kecerdasan buatan salah satu teknologi baru yang terus berkembang dan juga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kopentensi SDM dalam menuju era transformasi digital indonesia yang kian cepat berkembang. Saat pindah ke Masyarakat 5.0 semua kehidupan orang akan lebih nyaman dan berkelanjutan seperti manusia yang hanya disediakan produk dan layanan dalam jumlah dan pada waktu yang dibutuhkan. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci menghadapi era transformasi digital. Industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang bertumpu pada perkembangan teknologi, mengharuskan Indonesia untuk mempersiapkan terbangunnya sumber daya yang handal. Dengan begitu, sebaiknya Indonesia perlu mempersiapkan SDM yang berkualitas yang mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin. Atas alasan itulah memahami konsep personal branding menjadi hal penting sebagai cara untuk meningkatkan ‘nilai jual’ seseorang. Melalui personal branding, dapat disatukan hal-hal utama pada individu yang melibatkan skill, kepribadian, dan karakter yang dibungkus sebagai identitas yang kuat. Memperluas jaringan seluas-luasnya, dan menunjukkan identitas yang lain dengan yang dimiliki pengguna tersebut di dunia nyata. Meski bukan tidak mungkin juga, bahwa identitas diri pengguna di dunia maya merupakan representasi dari identitas aslinya di dunia nyata. Begitu banyak kegunaan media sosial sebagai bagian dari new media Melalui personal branding, dapat disatukan hal-hal utama pada individu yang melibatkan skill, kepribadian, dan karakter yang dibungkus sebagai identitas yang kuat.
References
Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626
Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(1), 19. https://doi.org/10.22441/incomtech.v10i1.7460
Zisser, E. (2004). Bashar al-Asad and his regime - Between continuity and change. Orient, 45(2), 239–255.
Saputra, T., & Serdianus, S. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18.
Nani, D. A., Ahluwalia, L., & Novita, D. (2021). Pengenalan Literasi Keuangan Dan Personal Branding Di Era Digital Bagi Generasi Z Di Smk Pgri 1 Kedondong. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 43. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1313
Sukaemi, L. H., Muharam, I. S., & Kamilah, H. F. (2023). Copywriting for Teenagers’ Personal Branding on Social Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 433–444. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.12629
Ahmad Hania, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, & Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia, 1(June), 1–6. https://amt-it.com/mengenal-perbedaan-artificial-inteligence-machine-learning-deep-learning/
Srihasnita, R., & Dharmasetiawan. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. Jurnal BAPPEDA, 4(1), 19–25.
Puspita, D. A. (2022). Personal Branding terhadap Sosial Media. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(2), 856–871. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i2.4503
Franzia, E. (2018). Personal Branding Melalui Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 15–20. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.2690
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.