Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Transformasi Brand Voice Dalam Multimedia

Authors

  • Muhamad Mahesa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fachrurrozi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Kecerdasan buatan, suara merek, Multimedia, Strategi branding, Era digital

Abstract

Dalam konteks perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) memainkan peran penting dalam mengubah Brand Voice di berbagai media multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Artificial Intelligence (AI) mempengaruhi perubahan tersebut dan dampaknya dalam dunia branding. Melalui analisis data dan tren terbaru, penelitian ini menyoroti bagaimana Artificial Intelligence (AI) digunakan untuk menyempurnakan komunikasi merek melalui multimedia. Artificial Intelligence (AI) memungkinkan penggunaannya dalam menganalisis preferensi audiens, menciptakan konten yang relevan, serta meningkatkan interaksi merek dengan konsumen. Implikasi dari transformasi suara merek ini adalah peningkatan daya saing dan pengaruh merek dalam pasar yang semakin terhubung secara digital. Pemahaman mendalam tentang peran Artificial Intelligence (AI) dalam transformasi ini memberikan wawasan bagi praktisi bisnis untuk mengembangkan strategi branding yang lebih efektif di era digital. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika antara kecerdasan buatan dan perubahan suara merek di media multimedia.

References

Barcelos, R. H., Dantas, D. C., & Sénécal, S. (2018). Watch your tone: How a brand’s tone of voice on social media influences consumer responses. Journal of Interactive Marketing, 41

Benabdelouahed, R., Dakouan, C., & In, C. (2020). The use of artificial intelligence in social media: Opportunities and perspectives. Expertjournals

Edelman, D. C. (2010). Branding in the digital age. Harvard Business Review, 88(12)

Esber, D., & Wong, J. (2020, June 15). Discussions in digital: Surveying the brand-building landscape. Mckinsey.Com. McKinsey & Company.

Khatri, M. (2021). Digital Marketing and Artificial Intelligence for Evaluating Powerful Customer Experience. 6(6).

Klaus, P. (2014). Towards practical relevance — Delivering superior fi rm performance through digital customer experience strategies. 15(4)

Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I., & Vandercammen, M. (2017). Marketing 4.0. Edition Nouveaux Horizons.

Kumar, A., Varsha, P., & Akter, S. (2021). The impact of artificial intelligence on branding: A bibliometric analysis (1982-2019). Journal of Global Information Management. 29

Kumar, V., Rajan, B., Venkatesan, R., & Lecinski, J. (2019). Understanding the role of artificial intelligence in personalized engagement marketing. California Management Review, 61(4)

Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1)

Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson

Thilagavathy, N., & Praveen Kumar, E. (2021). Artificial Intelligence on digital Marketing-An overview. Volatiles & Essent. Oils, 8(5)

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Mahesa, M., & Fachrurrozi. (2024). Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Transformasi Brand Voice Dalam Multimedia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1205–1209. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40490