Analisis Strategi Pemasaran Starbucks Coffee dalam Memengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian oleh Konsumen di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Muhamad , Hendi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Stategi Pemasaran, Starbucks Coffee, Keputusan Pembelian

Abstract

Starbucks Coffee merupakan salah satu brand coffee shop yang cukup dikenal di banyak kalangan usia. Saat ini, Starbucks Coffee memiliki kurang lebih dari 500 gerai kopi yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. Starbucks Coffee sebagai bagian dari industri makanan dan minuman, menghadapi persaingan yang semakin ketat, terutama dengan berkembangnya industri kafe-kafe di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Starbucks Coffee di Kota Tangerang Selatan dalam memengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis tahap keputusan pembelian. Dengan melakukan berbagai strategi pemasaran dengan bauran pemasaran 4P, dapat diketahui bahwa terdapat konsumen di Kota Tangerang Selatan melakukan pembelian produk setelah melalui tahap-tahap yakni pencarian informasi, pengambilan keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.

References

Assauri S., (2007), Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo. Hlm. 168-169

Nursam, N. (2017). Manajemen kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2).

Hadiwidjaja, R. S. (2014). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(2).

Kartajaya, H. (2008). Newwave Marketing, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Pertanian. (2018). Outlook Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan Kopi. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian.

Kotler, P & C. Keller (2008), Marketing Management Edisi 13, Jakarta: PT Indeks

Kotler, P & G. Armstrong. (2008) Marketing an introduction. Ninth Edition.New. Prentice Hall. New Jersey

Kotler, P & Keller, L, K. (2009), Manajemen Pemasaran, Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Mustafar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Manajemen Pemasaran ) (Pertama ed.). Tangerang: Media Sains Indonesia.

Rangkuti, F., (1997) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997, hlm. 48-49

Starbucks In Indonesia | Starbucks Coffee Company | Starbucks Coffee Company, diakses pada 27 April 2024

Suprapti, L. (2010), Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Assocation dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Pemasaran.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Hendi, M. . ,. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Starbucks Coffee dalam Memengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian oleh Konsumen di Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1440–1445. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40663