Pentingnya Menabung Sejak Dini kepada Siswa untuk Mengembangkan Keterampilan Pengelolaan Uang yang Cerdas
Keywords:
Literasi Keuangan; Anak Usia Dini; Uang Tabungan.Abstract
Melalui pendidikan sejak dini, pengelolaan uang yang bijaksana, nilai menabung untuk masa depan, dan pemahaman menyeluruh tentang uang, kegiatan ini berupaya membekali anak-anak dengan pengetahuan dasar dan kemampuan yang diperlukan untuk menangani uang secara bertanggung jawab. Menyasar anak-anak kelas 5 dan 6 SDN Mandiri dan SD Inpress, program ini dilaksanakan di Desa Pisang Pala, Kecamatan Galang. Artikel yang diterbitkan dalam prosiding atau jurnal nasional akan menyatakan bahwa hasil kegiatan adalah perubahan derajat literasi keuangan anak usia dini dari non-melek huruf menjadi setidaknya kurang melek huruf atau mampu menjadi sangat melek huruf. Teknik membuat celengan dari botol minuman bekas, kelompok fokus dimana mereka dapat mengamati secara langsung kemajuan dan masukan dari pengguna layanan, dan penyampaian materi secara langsung merupakan bagian dari pendekatan pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa kebanyakan anak mempunyai tingkat keuangan yang rendah, hanya melihat alat tukar sebagai cara untuk belanja dan mempunyai sesuatu yang mereka inginkan, pasif menabung, dan mereka percaya bahwa wali mereka tidak mengelola tabungan atau uang saku mereka, yang hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari. makanan ringan atau untuk berbelanja. Setiap dari mereka bersemangat untuk memburu semua ikatan latihan, banyak bertanya dan memperhatikan arahan tim.
References
Gunawan, A., Pulungan, D. R., & Koto, M. (2018). Peran Literasi Keuangan Pada Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Persiapan Masa Pensiun Secara Mandiri (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UMSU). Medan.
Kusuma, D. R. (2014). Melek Keuangan Masyarakat Indonesia Masih di Bawah Singapura dan Malaysia.
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). No Title.
Pulungan, D. R. (2017). Literasi Keuangan Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Kota Medan. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(1), 56–61. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i1.1180
Pulungan, D. R., Murviana, K., & Syahfitri, L. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional Royal
(SENAR), 1(1), 401–406. Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, 6(2), 14–28
Muhammad Sadri, (2019). Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. Prosiding Seminar NasionalKewirausahaan, 1(1), 2019, hal 290-295 https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3630
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.