Peluang Dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi

Authors

  • Ricardo Riswan Halawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nurudin Nurudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

UMKM, Peluang, Tantangan, Pemasaran Digital, Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas peluang dan tantangan keuangan syariah dan pemasaran digital sebagai pendorong berkembangnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif dan dikembangkan melalui pendekatan kajian pustaka atau studi pustaka. Pendekatan teoritis atau konseptual dilakukan dengan mengacu pada berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah dan internet. Seluruh uraian ide-ide yang ada dipadukan menjadi suatu kerangka kerja. Temuannya menunjukkan bahwa pesatnya perkembangan teknologi digital dan keuangan syariah, selain memberikan tantangan bagi dunia usaha, juga merupakan peluang dan potensi yang sangat besar bagi peningkatan perekonomian dan dunia usaha. Pelaku usaha harus mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk melacak perubahan tren guna mendorong kegiatan usaha sekaligus meningkatkan daya saing. Pelaku usaha harus mampu menciptakan perubahan dan inovasi baru dalam perusahaannya sehingga mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan konvergensi digital masyarakat untuk menciptakan peluang dan pasar baru. Di sisi lain, dengan memanfaatkan struktur masyarakat tradisional dan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (BMT), desain dan inovasi produk, penguatan sumber daya manusia, kebijakan produk UMKM, berbagai kebijakan pemerintah atau pelaku usaha UMKM itu sendiri, Mikro, Kecil dan Menengah. perusahaan dapat didorong. Menunjukkan dan memaksimalkan peran perempuan serta memaksimalkan implementasi kebijakan UMKM

References

Alifah Fidela, dkk. 2020. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya Di Desa Jambu Kabupaten Sumedang. Institut Pertanian Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, Volume 2, No. 3.

Badan Pusat Statistik. 2016. Tingkat Penganguran Terbuka. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Beik Irfan. 2010. Keuangan Mikro Syari’ah. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Islam Republika Edisi 4.

Faizal Ivan, dkk. 2021. Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). AMIK Citra Buana Indonesia: Sukabumi. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), Volume 3, No. 2.

Intan Safitri. 2014. Penguatan Sektor UMKM Sebagai Strategi Menghadapi MEA 2015. Universitas Esa Unggul: Jakarta. Jurnal Ekonomi Volume 5, No. 1.

Halim Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. STIE Muhammadiyah Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Volume 1, No. 2

Lestari, dkk. 2013. Perbankan Syariah Sebagai Daya Pendorong Usaha Mikro Kecil Menengah Di Indonesia. Universitas Jenderal Sudirman: Semarang. Jurnal Universitas Jenderal Sudirman, Indonesia Volume 3, No. 1.

Suyadi, dkk. 2018. Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bengkalis-Riau. Universitas Islam Riau: Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, Volume 29, No. 1.

Yunan Ahmad, dkk. 2017. Peluang Dan Tantangan Pengenmbangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Volume 2, No. 1.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Halawa, R. R., & Nurudin, N. (2024). Peluang Dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2009–2016. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40959