Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Call Center PT Bank Nationalnobu Tbk

Authors

  • Alexander Januar Zebua Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ahmad Nurhadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Call Center, Kualitas Layanan dan Kualitas Produk, Bank

Abstract

Dalam melakukan keputusan memilih sebuah layanan perbankan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tidak hanya produk yang diberikan tapi juga layanan yang diberikan pada sebuah bank sudah efisien dan cukup baik dalam melayani calon pelanggan dan calon pelanggan. Faktor yang perlu diperhatikan dalam jasa perbankan adalah kegiatan dalam mempertahankan kepuasan pelanggan, memastikan bahwa kebutuhan nasabah dipenuhi dengan baik. Salah satu cara untuk memastikan pelayanan yang efisien dan efektif adalah dengan menyediakan opsi penerimaan layanan secara tertulis dan lisan atau bisa disebut sebagai layanan call center. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas produk pada call center sudah efisien dalam menangani setiap kebutuhan calon pelanggan dan pelanggan PT Bank NationalNobu Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan. PT Bank NationalNobu Tbk sudah sangat efisien dan tepat dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. memberikan beberapa kanal atau produk untuk mencari informasi atau menyampaikan keluhan yaitu, Call Center, WhatsApp Business, Email. selain itu juga PT Bank NationalNobu Tbk memangkas IVR yang biasa digunakan bank lainnya dengan tujuan untuk mempersingkat waktu pelanggan dalam mencari informasi dan menyelesaikan keluhan dengan waktu yang singkat. Sehingga menciptakan sebuah kenyamanan, dan loyalitas bagi calon pelanggan dan pelanggan PT Bank NationalNobu Tbk.

References

Dahlan. (2023).Kualitas Pelayanan. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Prabu, A. S., & Wijayanti, D. T. (2016). Pengaruh Penghargaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Divisi Penjualan PT. United Motors Center Suzuki Ahmad Yani, Surabaya). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kamus Perbankan.

Kotler, Philip. (2014). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Daryanto dan Setyobudi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahira, Hadi, P & Nastiti H (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap, Kepuasan Pelanggan Indihome. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Otoritas Jasa Keuangan. (2024). Peraturan OJK Nomor 18/POJK.03/2017 tentang Layanan Pengaduan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

Tjiptono, F., & Diana, A. (2018). Pelanggan puas? Tak cukup. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Waruwu, K. (2020). Pengaruh Pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty) Terhadap Kepuasan Konsumen PT Nutri Inti Prima Perkasa Medan. Medan : Universitas Tjut Nyak Dhien.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Zebua, A. J., & Nurhadi, A. (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Call Center PT Bank Nationalnobu Tbk. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 23030–23038. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43266