Analisis Kepuasan Konsumen Pada Mebeul Adang Jaya Kabupaten Majalengka

Authors

  • Mizan Rifai Alhaq Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Mutmainnah Mutmainnah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Aksesibilitas, Analisa SWOT, IFAS, EFAS, Diagram Cartesius

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen dalam industri meubel Adang Jaya di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, faktor emosional, dan aksesibilitas terhadap tingkat kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif. Metode ini dipilih untuk memahami secara mendalam faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen dalam industri meubel Adang Jaya di Kabupaten Majalengka. Langkah-langkah yang akan diambil dalam penelitian ini diantaranya; pengumpulan data, pemilihan sampel, analisis data, validasi data, pelaporan hasil dan melakukan Analisa SWOT IFAS EFAS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dalam industri meubel Adang Jaya di Kabupaten Majalengka dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, faktor emosional, dan aksesibilitas. Kualitas produk. Analisa matriks SWOT menunjukkan bahwa Mebeul Adang jaya memiliki faktor-faktor kekuatan yang lebih kuat dari pada faktor-faktor kelemahan, dan memiliki peluang yang baik dari faktor-faktor ancaman. IFAS (Kekuatan 1,6 - Kelemahan 1,18), EFAS (Peluang 1,7 – Anacaman 1,18) Dapat dilihat dari diagram cartesius berdasarkan matriks SWOT dan analisa IFAS EFAS diketahui bahwa Mebeul Adang Jaya berada pada posisi 1 yang berarti berada pada posisi berkembang (Growth) yaitu strategi pengembangan pasar dan pengembangan produk. Dengan demikian strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan volume penjualan adalah strategi agresif, yaitu mengembangkan kekuatan yang sudah ada pada Mebeul Adang Jaya.

References

Abdullah Thamrin & Tantri Francis. (2018). Manajemen Pemasaran. Depok.Rajawali.

Abubakar, Rusydi. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung. Alfabeta

Adetyan, A., Putra, D. P., Adiana, F., & Wahjono, S. I. 2019. Upaya Meningkatkan Keberhasilan Implementasi ERP Untuk Membangun Keunggulan Bersaing Pada UKM Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 116124).

Afandi, Pandi. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep, dan Indikator. Pekan Baru. Zanafa Publishing.

Agus Wahyudi S. G., (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bali. Cv Noah.

Alma H. Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran produk dan merek. Edisi 1. Jawa Timur. Qiara Media.

Edy, Sutrisno. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana Prenada Media.

Enis, Ben M. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Edisi Revisi. Alih bahasa Buchari Alma. Bandung. CV. Alfabeta.

Firmansyah, & Didin (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Firmansyah, A. (2018). Pengantar Manajemen Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Geadenika Pustaka Utama, 2013

Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

J. Shultz. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Edisi. Revisi. Alih bahasa Buchari Alma. Bandung. CV. Alfabeta.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Kotler dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob sabran. Jakarta. Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lupiyoadi, Rambat. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Pandi, A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Prabowo, M. F. (2020). Analisis Kinerja Keuangan pada Organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada Masjid Jami’ Al-Nizham Kec. Cempaka Putih Periode 2015 s.d. 2019)

Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Sarma Siahaan, Tri Widiastuti, 2018. Potensi Daya Tarik Wisata Alam Riam Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Jurnal, Hutan Lestari. Vol, 6 (1) : 191 - 197.

Sedarmayanti. (2019). Manajemen Pengembangan. Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Jakarta. PT. Buku Seru.

Suryati, L., & Sudarso, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta.Deepublish.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Windasuri, Heria, H. S. & B. T. (2017). Excellent Service The Secrets of Building a. Service Organization. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Alhaq, M. R., & Mutmainnah, M. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen Pada Mebeul Adang Jaya Kabupaten Majalengka. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 23152–23160. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43351