Inovasi Teknologi dalam Pendidikan : Menciptakan Pembelajaran yang Efektif

Authors

  • Arrandi Bagus Satya Wibowo Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Aditya Sundana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Lalu Muhammad Sujudi Alkarim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Arief Budiyanto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Inovasi teknologi, pendidikan, pembelajaran efektif,, platform digital, kecerdasan buatan

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Inovasi teknologi menawarkan berbagai peluang untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan terjangkau. Artikel ini membahas bagaimana teknologi, seperti platform pembelajaran daring, perangkat lunak edukasi, dan kecerdasan buatan, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan. Melalui studi literatur dan analisis kasus, penelitian ini menemukan bahwa penerapan teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan motivasi belajar, memfasilitasi personalisasi pembelajaran, serta memungkinkan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas. Namun, tantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan kebutuhan pelatihan bagi pendidik juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan adanya kebijakan yang mendukung infrastruktur teknologi dan pengembangan keterampilan digital bagi pendidik agar manfaat dari inovasi teknologi dapat dioptimalkan secara maksimal.

References

Bates, A. W., & Sangra, A. (2011). Managing Technology in Higher Education: Strategies for Faculty, Staff, and Administrators. Jossey-Bass.

Johnson, L., Adams Becker, S., Estrada, V., & Freeman, A. (2016). NMC Horizon Report: 2016 Higher Education Edition. The New Media Consortium.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. Jossey-Bass.

Hwang, G. J., & Chang, H. F. (2011). “A Learning Pattern-based Approach to Supporting Mobile Learning.” Educational Technology & Society, 14(2), 98-110.

Kraemer, K. L., Dedrick, J., & Dunkle, D. (2011). “One Laptop Per Child: The Role of Technology in Education.” International Journal of Information and Education Technology, 1(2), 115-120.

Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MAYA MUNCAR CABANG SUNTER PODOMORO KOTA JAKARTA UTARA. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Wibowo, A. B. S., Sundana, A., Alkarim, L. M. S., & Budiyanto, A. (2024). Inovasi Teknologi dalam Pendidikan : Menciptakan Pembelajaran yang Efektif . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 20–26. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44725