Pengaruh Budaya Jepang terhadap Popularitas Ramen di Pamulang: Perspektif Konsumen

Authors

  • Aryasasta Mendila Tandirerung Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Hawa Kurotaayun Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rachel Rachel Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Arif Surahman Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Budaya, Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya Jepang terhadap popularitas ramen di Pamulang, dari perspektif konsumen. Ramen, sebagai makanan khas Jepang, telah mengalami lonjakan popularitas di Indonesia, terutama di daerah perkotaan seperti Pamulang. Selain faktor rasa, elemen-elemen budaya Jepang seperti budaya pop (anime, manga) dan desain interior restoran berkontribusi besar dalam membentuk preferensi konsumen terhadap ramen. Dengan menggunakan survei terhadap 200 responden yang mengonsumsi ramen di Pamulang, penelitian ini mengukur bagaimana budaya Jepang, terutama melalui media pop, mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih ramen dibandingkan faktor lain seperti kualitas rasa, harga, dan suasana restoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen budaya Jepang, terutama yang diwakili oleh estetika restoran dan representasi di media pop, berperan signifikan dalam menarik perhatian konsumen, terutama generasi muda yang lebih terpapar budaya Jepang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan elemen budaya Jepang dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi restoran ramen di Pamulang. Temuan ini juga mengindikasikan bahwa perpaduan antara budaya dan inovasi kuliner mampu meningkatkan pengalaman konsumen dan menciptakan loyalitas pelanggan.

References

Ashkenazi, M., & Jacob, J. (2003). Food Culture in Japan. Greenwood Press.

Ohnuki-Tierney, E. (1993). Rice as Self: Japanese Identities through Time. Princeton University Press.

Gandung, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja Dan Prilaku Berorganisasi (Vol. 1). CV. AA. RIZKY.

Yano, C. R. (2017). Pink Globalization: Hello Kitty's Trek across the Pacific. Duke University Press.

Ito, H. (2018). "Anime and Japanese Cuisine: Cultural Representations in Popular Media." Cultural Studies Journal, 38(3), 77-92.

Nakamura, T. (2016). Consumer Preferences for Japanese Restaurants in Southeast Asia. Asian Food Journal, 22(1), 34-45..

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Tandirerung, A. M., Kurotaayun, H., Rachel, R., & Surahman, A. (2024). Pengaruh Budaya Jepang terhadap Popularitas Ramen di Pamulang: Perspektif Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 42–45. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44728