Analisis Strategi Bisnis Berkelanjutan Pada PT. Unilever Indonesia

Authors

  • Asih Asih Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Bangkit Aji Wijaya Mukti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Fikry Yunus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Arman Syah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Bisnis Berkelanjutan

Abstract

PT Unilever Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam industri barang konsumsi yang telah beroperasi sejak tahun 1933. Dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif, Unilever menerapkan strategi bisnis berkelanjutan melalui Unilever Sustainable Living Plan (USLP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi keberlanjutan yang diterapkan oleh Unilever, serta dampaknya terhadap kinerja perusahaan dan kontribusinya terhadap keberlanjutan sosial dan lingkungan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan literature review, mengumpulkan data dari berbagai sumber jurnal dan media online. Hasil analisis menunjukkan bahwa Unilever berhasil mengintegrasikan prinsip keberlanjutan ke dalam seluruh rantai pasokannya, dengan fokus pada inovasi produk, edukasi masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi. Program-program seperti Lifebuoy dan “Unstereotype Initiative” telah memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat dan memberdayakan perempuan. Dengan komitmen terhadap keberlanjutan, Unilever tidak hanya menciptakan nilai tambah bagi masyarakat tetapi juga memperkuat posisinya di pasar. Penelitian ini menegaskan bahwa keberlanjutan adalah

pendorong utama bagi inovasi dan kesuksesan jangka panjang dalam industri barang konsumsi.

References

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Asih, A., Mukti, B. A. W., Yunus, F., & Syah, A. (2024). Analisis Strategi Bisnis Berkelanjutan Pada PT. Unilever Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 51–57. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44730