Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi Berbasis E-commerce (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Pamulang)

Authors

  • Dwi Bagus Mahendra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Muhammad Jefri Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Bayu Risky Gumilang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Bambang Sutarto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Perilaku Konsumen, E-commerce, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumsi mahasiswa Universitas Pamulang dalam transaksi berbasis e-commerce. Dengan perkembangan pesat teknologi informasi, e-commerce menjadi platform utama dalam kegiatan ekonomi, termasuk di kalangan mahasiswa. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara dengan 78 responden dari berbagai tingkatan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berada pada rentang usia 20-25 tahun (56,4%) dan platform e-commerce yang paling banyak digunakan adalah Shopee (79,5%). Faktor keamanan menjadi pertimbangan utama dalam bertransaksi, dengan 52,5% responden menyatakan bahwa e-commerce aman. Faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis juga memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya memahami perilaku konsumsi mahasiswa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan layanan platform e-commerce.

References

Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Maya Muncar Cabang Sunter Podomoro Kota Jakarta Utara. Journal Of Research And Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.

Endang, A. H., & Acol, A. (2017). Analisis bisnis e-commerce pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Insypro, 2(1). Diakses 24 Oktober 2024, dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/insypro/article/view/3246

Achmad. (2018). Pengaruh pengguna e-commerce terhadap transaksi online menggunakan konfirmasi faktor analisis. Jurnal Faktor Exacta, 11(1), 7-16. Diakses 24 Oktober 2024, dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/2306

Aeni, N. (2019). Pengaruh online shop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Chandra, A., & Dadang, H. (2013). E-business and e-commerce. Yogyakarta: Andi.

Deliarnov. (2015). Perkembangan pemikiran ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Engel, F. J., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku konsumen (Edisi keenam, terjemahan). Jakarta: Binarupa Aksara.

Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.

Gandung, M. (2024). The Influence Of Discipline And Work Motivation On Employee Performance. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.

Ramadhanti, D. I., & Gandung, M. (2024). PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ELANG LABUAN MURNI JAKARTA BARAT. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 2886-2896.

Rohini, D. (2018). Pengaruh belanja online di media sosial terhadap perilaku konsumtif siswa siswi SMA Muhammadiyah Imogiri Bantul. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Fauziah, S. I. (2019). Perilaku konsumen dalam marketplace (Studi kasus di Shopee dan Tokopedia perspektif etika bisnis Islam). Diakses 24 Oktober 2024, dari http://eprints.perbanas.ac.id/4769/6/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf

Haryanti, S., & TriIrianto. (2011). Rancang bangun sistem informasi e-commerce untuk usaha fashion studi kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed, 3(1), 8. Diakses 24 Oktober 2024, dari https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/889

Haryono, A., & Lisma, N. (2016). Analisis perilaku konsumsi mahasiswa ditinjau dari motif bertransaksi (Studi kasus pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012). Jurnal JPE, 9(1). Diakses 24 Oktober 2024, dari http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7181

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.

Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MAYA MUNCAR CABANG SUNTER PODOMORO KOTA JAKARTA UTARA. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.

Ramadhanti, D. I., & Gandung, M. (2024). PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ELANG LABUAN MURNI JAKARTA BARAT. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 2886-2896.

Gandung, M., Ilham, N., & Widiyanti, S. D. (2024). Peningkatan Kinerja Pegawai Kantor Desa Cicalengka Melalui Pelatihan dan Penerapan Manajemen. AMANAH MENGABDI, 1(1), 81-86.

Gandung, M. (2024). THE INFLUENCE OF DISCIPLINE AND WORK MOTIVATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Mahendra, D. B., Jefri, M., Gumilang, B. R., & Sutarto, B. (2024). Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi Berbasis E-commerce (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Pamulang). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 143–151. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44798