Analisis Terhadap Produk Mobil Ramah Lingkungan Di Pasar Jepang

Authors

  • Deffan Sabdana Putra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Cristine Prestarika Lukito Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Mobil ramah lingkungan, mobil listrik dan hibrida, kemajuan teknologi, permintaan pelanggan

Abstract

Pengembangan dan penyerapan produk otomotif ramah lingkungan di pasar Jepang dikaji dalam penelitian ini. Studi ini terutama berfokus pada variabel-variabel yang mempengaruhi kebijakan pemerintah, permintaan konsumen, dan adopsi teknologi ramah lingkungan oleh produsen mobil seperti mobil listrik dan hibrida. Laporan pasar, peraturan pemerintah, dan survei konsumen adalah sumber datanya. Temuan ini menunjukkan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan dan dukungan peraturan, seperti keringanan pajak dan subsidi, dalam meningkatkan permintaan akan mobil ramah lingkungan. Selain itu, seiring kemajuan teknologi, harga mobil ramah lingkungan menjadi semakin kompetitif jika dibandingkan dengan mobil biasa. Baik pemerintah maupun produsen mobil dapat memperoleh manfaat dari wawasan yang ditawarkan studi ini dalam mengembangkan kebijakan dan strategi yang lebih efektif untuk memperkuat posisi mereka di pasar yang sedang berkembang ini.

References

Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA). (2023). Annual Report on Automotive Industry Trends. Tokyo: JAMA.

Ministry of the Environment, Government of Japan. (2023). Green Vehicle Policy and Initiatives. Retrieved from https://www.env.go.jp/en/

International Energy Agency (IEA). (2022). Global EV Outlook 2022: The Role of Electric Vehicles in the Future of Mobility. Paris: IEA.

Toyota Motor Corporation. (2023). Sustainability Report 2023. Retrieved from https://global.toyota/en/company/sustainability/report/

Nissan Motor Corporation. (2023). Nissan Sustainability Report 2023. Retrieved from https://www.nissan-global.com/EN/ENVIRONMENT/

Honda Motor Co., Ltd. (2023). Honda Environmental Annual Report 2023. Retrieved from https://global.honda/about/environment/index.html

Tesla, Inc. (2023). Impact Report 2023. Retrieved from https://www.tesla.com/en_GB/support/report

Yamaguchi, A. (2022). The Future of Hydrogen Fuel Cell Vehicles in Japan. Journal of Clean Transportation, 15(4), 55-72.

Kato, H. (2022). Consumer Behavior and the Adoption of Electric Vehicles in Japan. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 92, 102685.

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.

Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MAYA MUNCAR CABANG SUNTER PODOMORO KOTA JAKARTA UTARA. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.

Ramadhanti, D. I., & Gandung, M. (2024). PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ELANG LABUAN MURNI JAKARTA BARAT. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 2886-2896.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Putra, D. S., & Lukito, C. P. (2024). Analisis Terhadap Produk Mobil Ramah Lingkungan Di Pasar Jepang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 278–284. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44865