Perilaku Konsumtif Terhadap Marketplace Shopee

Authors

  • Dushe Maria Carolina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Eli Nurlaela Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Halimah Halimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Eko Sudarso Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Perilaku Konsumtif; Sosial Media; Shopee; Pasar Online

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perilaku konsumtif. Berkembangnya teknologi internet yang sangat pesat dan canggih membawa perubahan yang signifikan dalam pola konsumsi masyarakat. Teknologi saat ini memunculkan platform pasar online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja serta efisiensi waktu dengan pilihan yang lebih luas. Namun, dengan adanya platform belanja online, mendorong perilaku konsumtif masyarakat jika tidak digunakan dengan bijak. Marketplace seperti Shopee menjadi platform utama bagi konsumen untuk berbelanja secara online. Penelitian ini mengkaji tentang perilaku konsumtif pengguna terhadap marketplace Shopee yang merupakan platform e-commerce yang paling sering digunakan di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis berupa survei. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan pada 105 responden pengguna marketplace Shopee. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya hidup hedon, promo diskon yang menarik, emosional, dan keinginan untuk mengikuti tren mempengaruhi perilaku konsumtif & keputusan pembelian bagi penggunanya. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi para pemasar untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif di platform digital.

References

Ancok, D. (1995). Psikologi Konsumen dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hwang, J., & Zhang, Q. (2018). The impact of social influence on users’ continuance intention to participate in online opinion sharing: The moderating role of expertize. Computers in Human Behavior, 78, 172–180. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.030

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Jakarta: Erlangga

Lina, M., & Rasyid, S. (2017). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Al-Ma'arif, 7(1), 11-26. https://doi.org/10.30653/almaarif.v7i1.4

Lord Robbins. (1932). An Essay on the Nature and Significance of Economic Science. London: Macmillan.

Noni Rozaini, N., & Bismi Aditya Ginting, B. A. (2019). Gambaran perilaku impulsif konsumen dalam berbelanja di era digital. Jurnal Ekonomi dan Sains, 11(1), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JES/article/view/18918

Riadi, M. (2022). Pemborosan dalam Kehidupan Sehari - hari dan Penanganannya. Prosiding Seminar Nasional. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sari, N. R. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Konsumen terhadap Platform E-Commerce. Sains Manajemen, 10(1), 37–42. https://doi.org/10.33019/sainsmanajemen. v10i1.18

Setiaji, B. (1995). Perilaku Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta.

Solomon, Michel. (2017). Consumer Behavior - Buying, Having, and Being (Edisi Kesepuluh). New Jersey: Pearson Education. Prentice Hall.

Sumartono, Muhadjir. (2002). Perilaku Konsumtif: Penyebab dan Penanganannya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 8-17.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Carolina, D. M., Sari, E. N., Halimah, H., & Sudarso, E. (2024). Perilaku Konsumtif Terhadap Marketplace Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 436–443. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45135