Pengaruh Buruknya Sistem Pembelajaran Daring Atau E – Learning Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa/I Universitas Pamulang
Keywords:
Pembelajaran Daring, Pendidikan, Efektivitas Belajar, MahasiswaAbstract
Pembelajaran daring yang kerap disebut E-Learning menjadi salah satu platform pembelajaran yang mulai diterapkan diberbagai jenjang Pendidikan hal ini terjadi seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat . Penerapan sistem E-Learning diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan efesiensi kegiatan pembelajaran,akan tetapi dalam penerapannya sistem yang digunakan di Universitas Pamulang sering kali mengalami gangguan jaringan atau error yang menyebabkan Mahasiswa/i Universitas Pamulang kesulitan dalam mengakses platform yang telah disediakan serta tertinggal dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh buruknya sistem pembelajaran atau E-Learning terhadap pembelajaran Mahasiswa/I Universitas Pamulang. Metode penelitian ini menggunakan metode survei,penelitian dengan mengumpulkan data dari responden melalui pernyataan-pernyataan yang terstruktur dalam bentuk kusioner.
References
Putri Utami Windy dkk. (2021). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya, 2 (2), 73-80.
Rahardja Untung dkk. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online Ilearning + Pada Perguruan Tinggi. Universita raharja,Tanggerang, 9 (2), 192-202.
Sudirman Ninis & Rahman Abdul. (2023). Efesiensi & Efektifitas Pembelajaran Online Pada Mahasiswa. Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Makassar, 3 (1), 144-149.
Setiawaty Tetty dkk. (2023). Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Menggunakan Pembelajaran E-Learning. Pendidikan Teknik Bangunan & Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana, 6 (1), 16-22.
Maksum Arifin & Lestari Ika. (2020). Analisis Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 75-86.
Perdana Novia Satria. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan Untuk Anak-Anak Di Indonesia. Senayan – Jakarta, 21 (3), 279-297.
Monika Lola Ayu Ketut. (2018). Pelaksanaan Pengajaran Pengayaan untuk Siswa Yang Memiliki Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Ganesha, 1 (2), 75-82.
Saragih Marlin Yuni dkk. (2023). Peran Interaktivitas Dalam Penggunaan E-Learning: Perluasan Model Utaut. Universitas Mikroskil Medan, 10 (1), 123-129.
Dewi Husnita Hefi. (2023). Aksesibilitas Dan Efektivitas Pembelajaran Daring Di Stkip Pgri Bangkalan Pada Masa Pandemi Covid-19. STKIP PGRI Bangkalan, 1 (4), 275-280.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.