Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Universitas Pamulang
Keywords:
Sosial Media, Komunikasi, Pemanfaatan Sosial MediaAbstract
Penelitian ini membahas tentang perilaku mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik survei dengan melibatkan 100 responden. Mahasiswa Universitas Pamulang yang menjadi responden pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan (100%) mahasiswa mengaku sebagai pengguna aktif media sosial. Berdasarkan jenis aplikasinya Instagram lebih diminati dibandingkan dengan social network. Instagram menjadi aplikasi yang paling banyak di gunakan karna sebanyak (84%) responden mengaku menggunakan nya. Sedangkan Facebook, aplikasi yang selama ini paling banyak di gunakan di seluruh dunia, hanya digunakan (26%) responden. Banyak jumlah pengguna Instagram sejalan dengan tujuan dan manfaat menggunakan nya. sebagian besar responden (79%) memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi, disamping untuk pencarian informasi, serta interaksi sosial.
References
Boyd, D. M., dan Ellison, N. B. (2008). “Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship” dalam Journal of Computer-Mediated Communication, 13: 210-230
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Online Social Networking and Addiction—A Review of the Psychological Literature. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 311.
Kapoor, K. K., Tamilmani, K., Rana, N. P., Patil, P., Dwivedi, Y. K., & Nerur, S. (2017). “Advances in Social Media Research: Past, Present and Future” dalam Information Systems Frontiers: 1-28.
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., dan Silvestre, B. S. (2011). “Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media” dalam Business Horizons, 54(3): 241-251
Kurniawan, A. (2020). PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINATBERWIRAUSAHA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ANGKATAN TAHUN 2016) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara Jombang).
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Penerbit Andi: Yogyakarta
Satinputra, A., & Kencana, N. A. (2021). Ketergantungan Media Sosial dan Efeknya pada Perilaku Masyarakat terhadap Iklan di Instagram. PERWIRA-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 4(1), 37-48.
Sahtriani, M., & Siregar, A. (2024). MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN UKM. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(1), 21-30.
Zen, M. A. N., & Sitanggang, A. S. (2023). Analisis Dampak Sosial Media Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(7), 671-682.
Cyta, S. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Food Blogger Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ekonomi Uhn Medan.
Kadylak, T dan Taj Makki. (2018). “Facebook as a Social Support Access Point: Exploring the Solicitation of Social Support Subtypes” dalam The Journal of Social Media in Society Vol 7, No 2.
Hosterman, A.R., Naomi R. Johnson, Ryan Stouffer, dan Steven Herring. (2018). “Twitter, Social Support Messages, and the #MeToo Movement” dalam The Journal of Social Media in Society Vol 7, No 2.
Pittman,M. (2018). “Happiness, Loneliness, and Social Media: Perceived Intimacy Mediates the Emotional Benefits of Platform Use” dalam The Journal of Social Media in Society Vol 7, No 2.
Parker, S.P. 2003. McGraw-Hill Dictionary of Scientific and Technical Terms. McGraw-Hill Dictionary of Scientific and Technical Terms. McGraw-Hill Education. Di https://books.google.co.id/books?id=xOPzO5HVFfEC (akses 17 Januari 2019)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.