Analisis Minat Beli di Shopee pada Mahasiswa Universitas Pamulang

Authors

  • Fariz Firnanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Larry Tesalonika Rangga Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Putri Nabila Ayuzar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fathan Arif Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Brand Awareness; Iklan Digital; Minat Beli; Regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh Brand Awareness dan Iklan Digital secara simultan dan parsial terhadap Minat Beli di Shopee Mahasiswa Universitas Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kausalitas dengan pendekatan survei. Dengan jumlah sampel 121 anggota termasuk konsumen sebagai responden Shopee. Data yang dikumpulkan berupa data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness dan Iklan Digital secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Secara parsial Brand Awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Dan juga secara parsial Iklan Digital berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli.

References

Abdul-Muhmin, A. G. (2010). Repeat purchase intentions in online shopping: the role of satisfaction, attitude, and online retailers' performance. Journal of International Consumer Marketing, 23(1): 5-20.

Abidin, C., 2016. Visibility labour: Engaging with Influencers' fashion brands and #OOTD advertorial campaigns on Instagram. Media International Australia 161(1), 86-100. doi:10.1177/1329878X16665177.

Agrawal, J., W. A. Kamakura, 1995. The economic worth of celebrity endorsers: An event study analysis. Journal of Marketing 59(3), 56-62.

Ajina, A. S., 2019. The perceived value of social media marketing: an empirical study of online word-of-mouth in Saudi Arabian context. Entrepreneurship and Sustainability Issues 6(3), 1512-1527.

Andersen, P. H. (2001). Relationship development and marketing communication: an integrative model, Journal of Business and Industrial Marketing, 16(3): 167-183.

Baldinger, A. & Rubinson, J. (1996) “Brand Loyalty: The Link Between Attitude and Behavior, “Journal of Advertising Research, 36 (6): 22-35.

Chaudhuri, A. & Holbrook, M. (2001) “The Chain Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty,” Journal of Marketing, 65 (2): 81-94

Muchardie, B. G., Yudiana, N. H., & Gunawan, A. (2016). Effect Of Social Media Marketing On Customer Engagement And Its Impact On Brand Loyalty In Caring Colours Cosmetics , Martha Tilaar. Binus Business Review, 7(1), 83–87. https://doi.org/10.21512/bbr.v7i1.1458

Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Riduwan & Sunarto, H. (2007). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Firnanda, F., Rangga, L. T., Ayuzar, P. N., & Arif, F. (2024). Analisis Minat Beli di Shopee pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 566–573. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45294