Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Akuntansi

Authors

  • Farah Dwi Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ahmad Zacky Parlindungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Riyanni Putri Pemy Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fathorrahman Fathorrahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Motivasi; Pembelajaran akuntansi; Keterlibatan siswa; Dukungan social; Prestasi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap pembelajaran akuntansi di kalangan siswa. dalam konteks pendidikan, motivasi dianggap sebagai faktor kunci yang mempengaruhi keterlibatan dan prestasi akademik siswa. metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap siswa di beberapa sekolah menengah keatas. Hasil penelitian yang menunjukan bahwa motivasi intrinsik, seperti minat dan keterlibatan siswa, berkontribusi signifikan terhadap pemahaman konsep-konsep akuntansi. Selain itu, dukungan dari guru dan teman sebaya juga terbukti meningkatkan motivasi siswa, yang pada gilirannya berpengaruh positif terhadap pencapaian akademik mereka. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menetapkan tujuan belajar yang jelas untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran akuntansi. Tmeuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dann pengelola kurikulum dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.

References

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002) Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53, 109-132.

Hulleman, C. S., & Harackiewicz, J. M. (2009). Enhancing interest and penformance with a utility value intervention. Journal of Educational Psychology, 101(3), 622-635.

Schunk, D.H. (2003). Self-efficacy for reading and writing: Influence of modeling, goal setting and self-evaluation. Reading & Writing Quarterly, 19(2), 159-172.

Pintrich, P. R. (2003). A motivational science perspective on the role of student motivation in learning and teaching contexts. Journal of Educational Psychology, 95(4), 667-686.

Aydin, S & Yildirim, S. (2020). The impact of teacher support on students’ motivation and academic achievement in accounting education. Journal of Accounting Education,53, 100678.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York, NY: W.H. Freeman.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “What” and “Why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Fredericks, J. A., Blumenfeld., P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59-109.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68-78.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L/ (2014). Motivation in education: Theory, research, and application (4th ed.). Pearson.

Wentzel, K. R. (1998). Social relationship and motivation in middle school: The role of parents, teachers, and peers. Journal of Educational Psychology, 90(2), 220-230.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Ramadhani, F. D., Parlindungan, A. Z., Pemy, R. P., & Fathorrahman, F. (2024). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 574–577. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45295