Evaluasi Komunikasi Mahasiswa dengan Memanfaatkan Aplikasi TikTok
Keywords:
Komunikasi; Aplikasi TikTokAbstract
Komunikasi yang efektif merupakan hal yang dapat mengubah sikap dari orang-orang yang terlibat untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Pentingnya memiliki keahlian komunikasi tentu saja tidak lepas dari kemampuan untuk mengevaluasi komunikasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin modern ini, ada satu aplikasi yang mana hampir setiap mahasiswa pasti memilikinya, yaitu aplikasi TikTok. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini dibuat dan tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan keminatan mahasiswa dalam mengevaluasi komunikasi dengan memanfaatkan aplikasi TikTok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi mahasiswa dengan memanfaatkan aplikasi TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Dengan melakukan pengumpulan data yaitu observasi, dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa TikTok merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk menjadi alat evaluasi komunikasi mahasiswa. Hal ini dikarenakan mahasiswa dapat dengan bebas belajar mengevaluasi komunikasi mereka dari TikTok, karena dalam proses evaluasi tersebut, mahasiswa dapat lebih leluasa untuk mengevealuasi. Karena hal ini dilakukan dalam keadaan sendirian, sehingga fokus mahasiswa tidak terdistraksi ketika sedang mengevaluasi komunikasi mereka.
References
DeVito, J.A., & DeVito, J. (2011). The interpersonal communication book. Instructor, 1 (18), 521-32.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 200.
Deriyanto, D., Qorib, F. (2019). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi malang terhadap penggunaan aplikasi tik tok. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 2019, 7.2.
Pratama, S., & Muchlis, M. (2020). Pengaruh Aplikasi tik tok terhadap ekspresi komunikasi mahasiswa universitas islam negeri (uin) sunan ampel surabaya tahun 2020. INCARE, international Journal of Educational Resources,.1(2), 102-115.
Goleman, D. (1996). The meditative mind: the varieties of meditative experience. Penguin.
Mulyana, S., & Sartika, D. (2023). Keterbentukan Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Resiko, Reputasi Dan Keamanan Pada Tiktok Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 9(2), 536-542
Prayogo, F, (2021). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media TikTok terhadap Penyebaran Informasi Berita COVID-19 (Studi Kasus Perilaku Remaja Desa Tanjunganom Kabupaten Purworejo). JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(3), 163-170.
Amaliah, A., & Deswati, R. (2022). Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak Remaja Dalam Mengatasi Kecemasan Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi,& Akuntansi (MEA), 6(3), 2272-2279.
Rachma PQ, N. (2023). Pola Perilaku Santriwati Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Kota Kediri. (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Ramdhan, M., & Pasaribu, V.L.D. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pascal Books, 2022.
FITRI, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap kreativitas mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 2021, 13(1), 37-46.
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Mek=mbentuk Personal Branding di Media Sosial TikTok. Koneksi. 5(2), 280-288.
Oktaheriyani, D. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin) ( Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Rasdin, R., Mulati, Y., & Kurniawan, K. (2021). Fenomena TikTok sebagai Media Komunikasi Edukasi. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 227-235).
Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua-Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 203-208.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.