Identifikasi Prestasi Belajar Mata Kuliah Statistik Pada Mahasiswa Universitas Pamulang
Keywords:
Prestasi belajar, statistika, pemahaman konsep, sikap, pengalaman belajar.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengidentifikasi prestasi belajar mahasiswa Universitas Pamulang dalam mata kuliah statistika, yang merupakan salah satu cabang dari ilmu penting dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini berfokus pada empat indikator kunci, yaitu: pemahaman konsep, proses berpikir, sikap terhadap statistika, dan pengalaman belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 109 mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan ini. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai untuk indikator pemahaman konsep adalah 3,71, proses berpikir 3,75, sikap terhadap statistika 3,96, dan pengalaman belajar 3,78. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep dasar statistika dan sikap positif yang signifikan, yang berkontribusi pada prestasi mereka dibidang akademik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran statistika di Universitas Pamulang, serta menjadi panduan bagi penelitian serupa dimasa yang akan datang.
References
Hemayanti, M. (2020). Pengaruh Minat Belajar terhadap Keingintahuan Siswa dalam Pembelajaran Kimia. 2(6), 1131-1136. Retrieved 09 25, 2024
Marlina, R. (2020, 11 2). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI PENGALAMAN BELAJAR DI ORGANISASI KEMAHASISWAAN. 07, 103-108. Retrieved 10 02, 2024, from https://www.academia.edu/download/87251209/pdf.pdf
Sofia Nur Afifah, E. J. (2017, 06 01). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATA KULIAH STATISTIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATISTIK MAHASISWA IKIP PGRI MADIUN. 02, 1-8. Retrieved 09 25, 2024, from https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/857
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.