Gambaran Niat Berkelanjutan Mahasiswa Untuk Menggunakan AI (Artificial Intelligence) Pada Perkuliahan

Authors

  • Muhammad Haikal Kanaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nurfadilah Hendrikasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Syaidah Komariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Artificial Intelligence ; keinginan berkelanjutan ; kepuasan pengguna.

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, AI (Kecerdasan Buatan) telah mengubah cara mahasiswa belajar di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesediaan siswa untuk terus menggunakan AI dalam studi mereka dengan memeriksa kepuasan mereka, manfaat yang dirasakan, dan pengalaman penggunaan AI. Kami melakukan survei terhadap 103 siswa, yang terdiri dari 30 laki-laki dan 73 perempuan, berusia di bawah 20 tahun dan di atas 20 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa keinginan siswa untuk terus menggunakan AI relatif tinggi, dengan skor 3,17 dari skala 5. Mereka merasa puas dengan AI (skor: 3,95), merasakan banyak manfaat (skor: 3,97), dan melaporkan pengalaman positif (skor: 3,79). Menariknya, meskipun siswa sangat ingin menggunakan AI (skor: 3,66), mereka enggan terlalu bergantung pada AI ketika berpikir (skor: 2,85). Kami juga menemukan bahwa siswi berusia di atas 20 tahun adalah yang paling puas dengan penggunaan AI, dengan skor kepuasan 4,2. Kesimpulannya, siswa memandang AI secara positif sebagai alat pembelajaran, meskipun mereka tetap menghargai pemikiran mandiri.

References

Bhattacherjee, A. (2001). Understanding information systems continuance: An expectation-confirmation model. MIS Quarterly, 25(3), 351-370.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

European Commission. (2021). AI in Education and Training: Policy and Practice. Diambil dari ec.europa.eu.

Institute for the Future. (2017). Future Work Skills 2020. Diambil dari iftf.org.

Kim, B. (2010). An empirical investigation of mobile data service continuance: Incorporating the theory of planned behavior into the expectation–confirmation model. Expert Systems with Applications, 37(10), 7033-7039.

McKinsey Global Institute. (2019). The Future of Work: Reskilling and Remote Work. Diambil dari mckinsey.com.

Oliver, R. L. (1980). A cognitive model of the antecedents and consequences of satisfaction decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), 460-469.

Pew Research Center. (2021). The State of AI Ethics. Diambil dari pewresearch.org.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186-204.

World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020. Diambil dari weforum.org.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Kanaya, M. H., Hendrikasari, N., & Komariah, S. (2023). Gambaran Niat Berkelanjutan Mahasiswa Untuk Menggunakan AI (Artificial Intelligence) Pada Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(2), 314–321. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45367