Analisis Pola Pikir Mahasiswa Akibat Konten TikTok

Authors

  • Aditia Aditia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ragil Pangestu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Syifaa Luthfiyyah Zahra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

TikTok, pola pikir tetap, pola pikir berkembang, mahasiswa, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak konten TikTok terhadap pola pikir siswa, khususnya bias antara pola pikir tetap dan pola pikir berkembang. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam metodologi penelitian dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 siswa sebagai responden. Studi tersebut menemukan bahwa skor rata-rata untuk pola pikir tetap adalah 3,67, sedikit lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata untuk pola pikir berkembang, yaitu 3,58. Hal ini menunjukkan bahwa paparan konten TikTok, yang cenderung memberikan hasil langsung, dapat memperkuat stereotip siswa tentang keterampilan sebagai sifat yang sulit diubah. Di sisi lain, siswa dengan mindset berkembang dapat melihat tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Hasil ini menyoroti pentingnya kesadaran digital ketika memilih konten media sosial yang mendukung pertumbuhan pribadi.

References

Car, N. (2010). The Swallows : What The Internet is Doing to our Brain . W.W. Norton & Company .

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. Random House.

Limbong , J. T., Akil , N., & Guntur, I. (2023, Jully). PERGESERAN STRATIFIKASI SOSIAL TERHADAP POLA PIKIR MANUSIA TORAJA PADA KEGIATAN TRADISI ADAT RAMBU SOLO’ KABUPATEN TORAJA UTARA. Jurnal Ekonomi Prioritas.

Montag, C. E. (2021). On The Psychology of TikTok : A first glimpse for empirical findings. Frontiers in Public Health.

Pariser, E. (2011). The Filter Bubble : How the New Personalized Web is Changing What We Read and How We Think. Penguin Books .

Srihastuti , E., & Wulandari , F. (2021). Urgensi Growth Mindset Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Dan Kebudayaan Hindu, 157 - 165.

Sunstein, C. (2008). Republic : Divided Democracy in the Age of Sosial Media. Princeton University Press.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Aditia, A., Pangestu, R., & Zahra, S. L. (2023). Analisis Pola Pikir Mahasiswa Akibat Konten TikTok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(2), 322–329. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45368