Analisis Minat Belajar Mahasiswa Melalui E-Learning

Authors

  • Dianah Alifiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Kessa Audina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Slamet Umar Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Devi Putri Isnaeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Minat Belajar, E-Learning, Pembelajaran Daring, Fleksibilitas Waktu.

Abstract

Penelitian ini menganalisis minat belajar mahasiswa Universitas Pamulang melalui e-learning dengan menitikberatkan pada enam indikator utama seperti materi pembelajaran, kesempatan bekerja sama, pengetahuan, pemahaman, analisis, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi adalah faktor paling signifikan dalam mendukung efektivitas e-learning, memperkuat pentingnya sistem evaluasi yang baik untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. E-learning juga dinilai mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta kemampuan analisis mahasiswa. Faktor-faktor lain seperti fleksibilitas waktu, dan kemudahan akses turut mempengaruhi minat belajar. Namun, motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi daring masih menjadi tantangan yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Penggunaan aplikasi e-learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa, memberikan kesempatan belajar mandiri yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan aktif. Penelitian ini menyarankan pengembangan fitur-fitur interaktif dan kolaboratif untuk memperkuat hasil pembelajaran e-learning, sementara penelitian lanjutan diharapkan lebih fokus pada strategi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13 (3), 319-340.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Horton, William dan Horton, Katherine. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A Consumer Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers. USA: Wiley Publishing, Inc.

Kamarga. (2000). Sistem E-Learning. Jakarta: Salemba Empat.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Schiefele, U. (1991). Interest, Learning, and Motivation. Educational Psychologist, 26(3-4), 299-323.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafiardi. (2005). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penabur No.04 Th.IV Juli 2005. hal. 23-43.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Alifiah, D., Audina, K., Ramadhani, S. U., & Isnaeni, D. P. (2022). Analisis Minat Belajar Mahasiswa Melalui E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 182–188. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45416