Analisis Minat Belajar Mahasiswa Melalui E-Learning
Keywords:
Minat Belajar, E-Learning, Pembelajaran Daring, Fleksibilitas Waktu.Abstract
Penelitian ini menganalisis minat belajar mahasiswa Universitas Pamulang melalui e-learning dengan menitikberatkan pada enam indikator utama seperti materi pembelajaran, kesempatan bekerja sama, pengetahuan, pemahaman, analisis, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi adalah faktor paling signifikan dalam mendukung efektivitas e-learning, memperkuat pentingnya sistem evaluasi yang baik untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. E-learning juga dinilai mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta kemampuan analisis mahasiswa. Faktor-faktor lain seperti fleksibilitas waktu, dan kemudahan akses turut mempengaruhi minat belajar. Namun, motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi daring masih menjadi tantangan yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Penggunaan aplikasi e-learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa, memberikan kesempatan belajar mandiri yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan aktif. Penelitian ini menyarankan pengembangan fitur-fitur interaktif dan kolaboratif untuk memperkuat hasil pembelajaran e-learning, sementara penelitian lanjutan diharapkan lebih fokus pada strategi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13 (3), 319-340.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Horton, William dan Horton, Katherine. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A Consumer Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers. USA: Wiley Publishing, Inc.
Kamarga. (2000). Sistem E-Learning. Jakarta: Salemba Empat.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.
Schiefele, U. (1991). Interest, Learning, and Motivation. Educational Psychologist, 26(3-4), 299-323.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafiardi. (2005). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penabur No.04 Th.IV Juli 2005. hal. 23-43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.