Pengaruh Waktu Tidur Siang Terhadap Produktivitas Mahasiswa Saat Belajar Malam Hari

Authors

  • Ikram Alfahrezy Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Widia Astuti Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

tidur siang, produktivitas, mahasiswa, belajar malam, durasi tidur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh waktu tidur siang terhadap produktivitas mahasiswa saat belajar pada malam hari. Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan energi, namun waktu tidur siang yang berlebihan justru dapat mengganggu pola tidur malam. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan responden mahasiswa yang memiliki kebiasaan tidur siang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi tidur siang yang optimal berkisar antara 15 hingga 30 menit, yang secara signifikan berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan fokus saat belajar di malam hari. Sebaliknya, tidur siang yang lebih lama dari 30 menit cenderung menyebabkan rasa lesu dan menurunkan produktivitas. Dengan demikian, tidur siang yang tepat dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan efektivitas belajar malam hari bagi mahasiswa.

References

Alhola, P., & Polo-Kantola, P. (2007). Sleep deprivation: Impact on cognitive performance. Neuropsychiatric Disease and Treatment, 3(5), 553–567.

Brooks, A., & Lack, L. (2006). A brief afternoon nap following nocturnal sleep restriction: Which nap duration is most recuperative? Sleep, 29(6), 831–840.

Dhand, R., & Sohal, H. (2006). Good sleep, bad sleep! The role of daytime naps in healthy adults. Current Opinion in Pulmonary Medicine, 12(6), 379-382.

Diekelmann, S., & Born, J. (2010). The memory function of sleep. Nature Reviews Neuroscience, 11(2), 114-126.

Dinges, D. F., Orne, M. T., Whitehouse, W. G., & Orne, E. C. (1981). Temporal placement of a nap for alertness: Contributions of circadian phase and prior wakefulness. Sleep, 4(3), 319-334.

Hershner, S., & Chervin, R. (2014). Causes and consequences of sleepiness among college students. Nature and Science of Sleep, 6, 73–84.

Hirshkowitz, M., Whiton, K., Albert, S. M., Alessi, C., Bruni, O., DonCarlos, L., ... & Adams Hillard, P. J. (2015). National Sleep Foundation's sleep time duration recommendations: methodology and results summary. Sleep Health, 1(1), 40-43.

Lund, H. G., Reider, B. D., Whiting, A. B., & Prichard, J. R. (2010). Sleep patterns and predictors of disturbed sleep in a large population of college students. Journal of Adolescent Health, 46(2), 124-132.

Milner, C. E., & Cote, K. A. (2009). Benefits of napping in healthy adults: Impact of nap length, time of day, age, and experience with napping. Journal of Sleep Research, 18(2), 272-281.

Pilcher, J. J., & Walters, A. S. (1997). How sleep deprivation affects psychological variables related to college students' cognitive performance. Journal of American College Health, 46(3), 121-126.

Tassi, P., & Muzet, A. (2000). Sleep inertia. Sleep Medicine Reviews, 4(4), 341-353.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Alfahrezy, I., & Astuti, W. (2022). Pengaruh Waktu Tidur Siang Terhadap Produktivitas Mahasiswa Saat Belajar Malam Hari. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 105–111. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45483