Studi Kasus Perubahan Perilaku Investasi Pada Generasi Milenial Dengan Adopsi Fintech di Indonesia
Keywords:
Perilaku Investasi, Generasi Milenial, Fintech, Inklusi Keuangan Literasi KeuanganAbstract
Perkembangan teknologi finansial (fintech) di Indonesia telah membawa dampak besar terhadap perilaku investasi generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana adopsi fintech memengaruhi keputusan investasi di kalangan milenial. Dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, penelitian ini menemukan bahwa investasi dalam sektor fintech mencapai US$3,2 miliar antara 2020 dan 2022, meningkat 4,6 kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Selain itu, penggunaan dompet digital meloncat dari 10% menjadi 44% selama pandemi, menunjukkan pergeseran signifikan dalam kebiasaan bertransaksi. Meskipun ada peningkatan 17% dalam literasi keuangan, kesenjangan dalam akses terhadap layanan fintech masih menjadi tantangan, terutama bagi segmen populasi yang kurang terlayani. Melalui kebijakan Strategi Nasional Literasi Keuangan yang ditujukan untuk mencapai 90% inklusi keuangan pada tahun 2024, fintech berpotensi meningkatkan keterlibatan milenial dalam investasi secara lebih luas. Temuan ini menunjukkan pentingnya dukungan kebijakan untuk memaksimalkan manfaat fintech bagi generasi muda.
References
Asnamawati, Lina. (2015). Strategi Percepatan Adopsi dan Difusi Inovasi Dalam Pemanfaatan Mesin Tanam Padi Indojarwo Transplanter di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Prosiding Seinar Nasional FMIPA-UT.
Boston Consulting Group. (2023). Indonesia's Fintech Industry Is Ready to Rise. Laporan tentang investasi dan perkembangan sektor fintech di Indonesia.
Budiati, I. D. (2018). Profil Generasi Milenial.
Cakti, A. 2020. Studi: pengguna dompet digital meningkat drastic di masa COVID-19. https://www.antaranews.com/berita/2022936/studi-pengguna-dompet-digital-meningkat-drastis-di-masa-covid-19 diakses pada 12 Oktober 2024
Carrasco-Gallego,J.A.(2017).Introducing economics to millennials.International Review of Economics Education,26,19–29.
Chishti, S., & Barberis, J. (2016). The Fintech book : the financial technology handbook for investors, entrepreneurs and visionaries. Journal of Indonesian Economy and Business, 31(3), 315.
East Ventures. (2023). Literacy and Financial Inclusion Report. Menyoroti perkembangan literasi keuangan dan akses terhadap layanan fintech di Indonesia.
Haming, Murdifin.,& Basamalah Salim. 2010. Studi Kelayakan Investasi Proyek dan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Lesilolo, R. A. A., Kembau, A. S., & Malae, F. E. (2024). Menilai Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Adopsi Layanan Paylater: Perspektif Pengguna Shopee Paylater di Jakarta. Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital), 4(1).
Margaretha, Farah dan Pambudhi, RA. 2015. Tingkat Literasi Keuangan pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi. JMK. Vol 17 No. 1. Hal 76-85.
Nugraha, D. P., Irawan, A., Nathan, R. J., & Zoltan, Z. (2021). User Innovativeness and Fintech Adoption in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(3), 188.
Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan dan dampak financial technology (fintech) terhadap perilaku manajemen keuangan di masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80-91.
Safitri, T. A. (2021). Kontribusi Fintech Payment Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 140-145.
Tumewu, F. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 133–145
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.