Survei Terhadap Menurunnya Minat Beli Konsumen pada Alfamart Di Kota Tangerang dengan adanya Tukang Parkir Liar

Authors

  • Anasywa Nabila Tuzahro Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Muhammad Bahy Salwa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Vinsensius Putra Daely Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Amthy Suraya Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Alfamart, Tukang Parkir, Tanggerang, Minat Beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh keberadaan tukang parkir liar terhadap minat beli konsumen di Alfamart Kota Tangerang. Ketidaknyamanan akibat praktik parkir liar ini berdampak signifikan pada penurunan jumlah pengunjung. Berdasarkan survei kuantitatif yang melibatkan 109 responden, 23,9% berusia 18 tahun, dan kelompok usia terbesar, 27,5%, adalah 19 tahun. Mayoritas responden adalah laki-laki (56,9%), sementara perempuan menyumbang 41,3%. Analisis data menunjukkan bahwa keberadaan tukang parkir liar berdampak negatif pada empat indikator minat beli: minat transaksional (3,35), minat referensial (3,20), minat preferensial (3,16), dan minat eksploratif (3,12). Rendahnya skor ini menunjukkan bahwa konsumen cenderung mengurangi interaksi mereka dengan Alfamart karena pengalaman parkir yang tidak menyenangkan, memilih alternatif yang menawarkan lingkungan yang lebih nyaman. Penelitian ini menyoroti pentingnya tindakan manajemen, seperti memperketat keamanan parkir dan bekerjasama dengan otoritas lokal,  Temuan ini relevan bagi peritel modern di daerah perkotaan yang menghadapi tantangan serupa.

References

Dewi n.d. (2021). Ph Ddiss. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3678/

Friska, & Latifah. (2023). Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik 14 no. https://jurnal.fisipuniga.ac.id/index.php/jpkp/article/view/130

Hidayatullah. (n.d.). Dampak Jarak Usaha Tradisional Dengan Minimarket Pada Studi Keberlangsungan Ekonomi Implementasi PERDA No. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4797/

Junedi.(2015). Optimalisasi Pengelolaan Dan Pelayanan Perparkiran Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Bandung Parking Optimalization And Service Management In Order To Improve Public Transport Services In Bandung. https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnaldarat/article/view/156

QAMARANI. (n.d.). PhD diss. http://repository.upnjatim.ac.id/1963/2/1.PDF

Rosa. (2023). TINJAUAN YURIDIS PENGALIHAN BENTUK UANG KEMBALIAN KONSUMEN KE DALAM BENTUK SUMBANGAN OLEH PELAKU USAHA DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN Studi Pada Alfamart Kotabumi Lampung Utara. http://digilib.unila.ac.id/71022/

Widiartanto, Apriatni, & Reni. (2018). Jurnal Administrasi Bisnis 7 no. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/22696

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management, Thirteen Edition (B. Sabran, Trans. A. Maulana & Y. S. Haryati Eds.): Person Education

Schiffman, Leon. & Kanuk, Leslie. (2015). Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. (Alih Bahasa Rio, Yulihar, dan Reni)

Ferdinand (dalam Septyadi et al., 2022), International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR).

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Tuzahro, A. N., Salwa, M. B., Daely, V. P., & Suraya, A. (2023). Survei Terhadap Menurunnya Minat Beli Konsumen pada Alfamart Di Kota Tangerang dengan adanya Tukang Parkir Liar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(2), 416–422. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45487