Minat Penggunaan Maxim Pada Mahasiswa

Authors

  • Anggelina Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Noval Rafi Rama Saputra Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ridwan Dwi Saputra Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Andriyani Hapsari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Gaya hidup, Komunitas, Minat penggunaan, Aplikasi maxim, Interaksi social, komunitas, Kepuasan pelanggan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat mahasiswa dalam menggunakan layanan transportasi Maxim, dengan fokus pada dampak gaya hidup, interaksi sosial, dan komunitas terhadap pilihan mereka. Dalam era kemajuan teknologi dan meningkatnya kebutuhan mobilitas, mahasiswa semakin bergantung pada aplikasi transportasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui survei, di mana data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup yang mengadopsi skala Likert untuk mengevaluasi aspek-aspek seperti kemudahan akses, kenyamanan, kepuasan pengguna, dan pengaruh dari lingkungan sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa merasa aman dan nyaman saat menggunakan layanan Maxim, frekuensi penggunaannya masih tergolong rendah dibandingkan dengan aplikasi transportasi lainnya. Banyak mahasiswa lebih memilih alternatif lain, terutama ketika ada penawaran promosi yang menarik. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun mereka memiliki pengalaman positif, tingkat kepuasan yang dirasakan belum cukup untuk mendorong rekomendasi yang kuat. Selain itu, partisipasi dalam komunitas pengguna Maxim juga terbukti memperkuat interaksi di antara mahasiswa. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa terhadap aplikasi Maxim dan memberikan rekomendasi kepada pengembang untuk menyusun strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan daya tarik serta kepuasan pengguna di kalangan mahasiswa.

References

Nursaidah, Intan. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Notebook Acer. Universitas Pendidikan Indonesia.

P.G. Wonok dan S. Loindong, "Pengaruh Minat Transaksional, Refrensial, dan Prefensial terhadap Minat Mereferensikan Produk Roxy di Quicksilver Mantos," Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4, September 2018, Hal. 2108 – 2117 1.

P.G. Wonok dan S. Loindong, "Pengaruh Prefensial terhadap Minat Mereferensikan Produk," Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4, September 2018, Hal. 2116 9.

Rahmawati, D., & Hidayati, N. (2022). "Cognitive Strategies in Language Learning." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 210-222.

Lestari, P., & Prasetyo, B. (2023). "Preferred Communication Apps Among Students: Maxim in Usage Context." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(2), 99-110

Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Anggelina, Saputra, N. R. R., Saputra, R. D., & Hapsari, A. (2023). Minat Penggunaan Maxim Pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(2), 452–461. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45519