Analisis Pemasaran Boneka Viral “Labubu” Pada Platform Tiktok
Keywords:
Boneka Labubu, Viral Tiktok, Pemasaran, InfluencerAbstract
Boneka Labubu menjadi fenomena viral di platform TikTok, meskipun produk ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang berkontribusi terhadap meningkatnya popularitas Labubu di media sosial, khususnya TikTok. Salah satu video paling populer di internet diunggah oleh Lalisa Manoban, anggota grup band Blackpink, yang memperlihatkan dirinya memeluk Boneka Labubu. Video tersebut menarik perhatian dari tokoh publik lainnya, yang akhirnya menyebabkan boneka tersebut dikoleksi. Influencer seperti Enrico Winaldy juga berperan penting dalam meningkatkan visibilitas Labubu dengan membagikan ulasan video yang telah ditonton lebih dari 1 juta kali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan wawasan lebih jauh tentang strategi pemasaran yang diterapkan dan dampaknya terhadap perilaku konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi influencer dan audiens di TikTok sangat penting untuk mengembangkan pengikut dan meningkatkan penjualan. Dengan cara ini, studi kami menawarkan wawasan baru tentang dinamika pemasaran di era digital sekarang.
References
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132.
Hayati, C. S., & Sudradjat, R. H. 2022. Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 415–426.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Mumtaz, Z. S., & Saino. 2021. Pengaruh penggunaan aplikasi tik tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan. Jurnal Manajemen, 13(2), 282–291.
Novita, D., Herwanto, A., Mayndarto, E. C., Maulana, M. A., & Hanifah. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13312
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.