Minat Masyarakat Tanggerang Selatan Dalam Melakukan Olahraga Lari

Authors

  • Nazla Amelia Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Anggi Tasari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ridwan Is Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Angga Pratama Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Minat Masyarakat, Masyarakat Tanggerang, Olahraga Lari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga lari di kota Tanggerang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat kuantitatif deskriptif, Subjek penelitian yaiu Masyarakat kota Tanggerang Selatan, kemudian pengambilan data penelitian dengan teknik kuesioner/angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase (DP). Hasil penelitian yang diperoleh dari 105 responden dengan 3 (Tiga) indikator minat yaitu faktor kesenangan dari dalam individu, faktor Kemauan, dan faktor Perhatian menunjukkan persentase sangat tinggi dengan rincian sangat setuju sebesar 77,9% pada kategori jenis kelamin perempuan, dan pada kategori jenis kelamin laki-laki sebesar 22,1%. Sedangkan pada kategori usia terdapat minat tertinggi pada usia 18-25 tahun sebesar 87,5%, Mulai dari usia 6-17 Tahun dengan jumlah 1,9%,  Usia 26-30 Tahun 10,6%. Sedangkan kategori jenis usia pada 31-40 tahun 0% atau tidak ada minat. Berdasarkan nilai presentase diatas dapat di simpulkan bahwa minat Masyarakat dalam melakukan aktifitas olahraga lari berdasarkan indikator perhatian, kesenangan dan kemauan berada pada kategori usia 18-25 Tahun dengan jenis kelamin Perempuan. Dilihat dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa minat masyarakat kota Tanggerang Selatan untuk melakukan aktivitas olahraga lari sangat tinggi

References

Breiby, M.A. & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12 (1), 1-14.

Schmitt, & Berndh H. (2010). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Zietsman, M. L., Mostert, P & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37 (1), 2-19.

Farhan, A. A., & Bilal, S. (2011, December). A novel fast and robust digital image watermarking using Bee Algorithm. In 2011 IEEE 14th International Multitopic Conference (pp. 82-86). IEEE.

Damayanti, S., & Noordia, A. (2021). Analisis Minat Masyarakat Dalam Melakukan Olahraga Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03), 1-10.

Hartanto, T., Gani, R. A., & Resita, C. (2020). Tingkat kebugaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di sekolah menengah atas Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(2), 133-143.

Czikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The psychology of optimal experience (pp. 75-77). New York: Harper & Row.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Amelia, N., Tasari, A., Is, R., & Pratama, A. (2023). Minat Masyarakat Tanggerang Selatan Dalam Melakukan Olahraga Lari. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(2), 472–478. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45574