Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Fasilitas Kampus Di Universitas Pamulang

Authors

  • Silvia Rahmawati Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Firda Rahmayanti Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Anindya Nur Shadrina Hidayat Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Retno Wulansari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

student satisfaction, campus facilities, service quality, Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa puas mahasiswa Universitas Pamulang dengan fasilitas kampusnya. Penelitian ini menggunakan metode survei kuesioner untuk melihat bagaimana mahasiswa melihat berbagai aspek fasilitas kampus, seperti kualitas, layanan, manfaat, informasi, dukungan aktivitas, dan harapan mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum cukup puas dengan fasilitas yang mereka miliki saat ini, namun ada harapan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas dan menambahkan lebih banyak jenis fasilitas di masa depan. Universitas dapat meningkatkan layanan dan fasilitas mereka untuk memenuhi kebutuhan dan harapan mahasiswa dengan bantuan penelitian ini.

References

Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The impact of physical surroundings on customers and employees. Journal of marketing, 56(2), 57-71.

Grönroos, C. (1984). A service quality model and its marketing implications. European Journal of marketing, 18(4), 36-44.

Handayani, S., Pratama, R., & Wijaya, A. (2023). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Fasilitas Kampus: Studi Kasus Universitas Pamulang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 167-182.

Hartanto, D., & Susanto, R. (2023). Modernisasi Laboratorium Perguruan Tinggi dalam Era Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus UNPAM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 45-60.

Kuh, G. D. (1995). The other curriculum: Out-of-class experiences associated with student learning and personal development. The Journal of Higher Education, 66(2), 123-155.

Kusuma, H., & Prasetyo, B. (2023). Pengaruh Infrastruktur IT terhadap Kepuasan Mahasiswa di Era Digital: Analisis pada Universitas Pamulang. Jurnal Sistem Informasi, 14(2), 234-249.

Lee, H., Lee, Y., & Yoo, D. (2000). The determinants of perceived service quality and its relationship with satisfaction. Journal of services marketing, 14(3), 217-231.

Nugroho, A., Widodo, S., & Santoso, B. (2023). Analisis Fasilitas Pendukung dan Dampaknya terhadap Produktivitas Mahasiswa UNPAM. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(3), 345-360.

Oldfield, B. M., & Baron, S. (2000). Student perceptions of service quality in a UK university business and management faculty. Quality Assurance in education, 8(2), 85-95.

Oliver, R. L. (1980). A cognitive model of the antecedents and consequences of satisfaction decisions. Journal of marketing research, 17(4), 460-469.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of retailing, 64(1), 12-40.

Smith, A., & Johnson, B. (2018). The impact of campus facilities on student satisfaction and academic performance. Journal of Higher Education Management, 33(2), 45-62.

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1993). The nature and determinants of customer expectations of service. Journal of the academy of Marketing Science, 21(1), 1-12.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Simon and Schuster.

Kotler, P., & Fox, K. F. (1995). Strategic Marketing for Educational Institutions. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

M. S. (2005). "The role of the physical environment in the delivery of services." Journal of Services Marketing, 19(5), 327-337.

Kotler, P. (1997). Marketing for Higher Education. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Rahmawati, S., Rahmayanti, F., Hidayat, A. N. S., & Wulansari, R. (2024). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Fasilitas Kampus Di Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 846–853. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46097