Hasil Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Pamulang
Keywords:
Minat berwirausaha, Motivasi,, Dukungan PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil minat berwirausaha pada mahasiswa. Minat berwirausaha merupakan faktor penting yang dapat mendorong mahasiswa untuk terjun ke dunia bisnis setelah menyelesaikan studi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan sejumlah mahasiswa dari berbagai program studi di universitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha, seperti motivasi, lingkungan keluarga, dukungan pendidikan, serta peran mentor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan dukungan pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, sedangkan motivasi intrinsik menjadi faktor pendorong utama bagi mereka yang ingin memulai usaha sendiri. Penelitian ini menyarankan perlunya program pengembangan kewirausahaan yang lebih intensif di lingkungan perguruan tinggi untuk mendorong lebih banyak mahasiswa memiliki minat berwirausaha.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Breiby, M.A. & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12 (1), 1-14.
Fayolle, A., & Gailly, B. (2015). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence. Journal of Small Business Management, 53(1), 75-93. https://doi.org/10.1111/jsbm.12065
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Kuratko, D. F. (2005). The emergence of entrepreneurship education: Development, trends, and challenges. Entrepreneurship Theory and Practice, 29(5), 577-597. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2005.00099.x
Robinson, P. B., Stimpson, D. V., Huefner, J. C., & Hunt, H. K. (1991). An attitude approach to the prediction of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 15(4), 13-31. https://doi.org/10.1177/104225879101500405
Sarasvathy, S. D. (2001). Causation and effectuation: Toward a theoretical shift from economic inevitability to entrepreneurial contingency. Academy of Management Review, 26(2), 243-263. https://doi.org/10.5465/amr.2001.4378020
Schmitt, & Berndh H. (2010). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York: The Free Press.
Zietsman, M. L., Mostert, P & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37 (1), 2-19.
Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Essentials of entrepreneurship and small business management (5th ed.). Pearson.
Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MAYA MUNCAR CABANG SUNTER PODOMORO KOTA JAKARTA UTARA. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.
Gandung, M. (2024). the Influence of Discipline and Work Motivation on Employee Performance. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.