Analisis Lingkungan Belajar di Kampus Universitas Pamulang

Authors

  • Panji Mochammad Ramdhan
  • Bilqis Uninga Andayaresmi
  • Fatmawati Salsabila
  • Mulyadi

Keywords:

Lingkungan belajar, strategi pengembangan pendidikan, aspek sosial, pengalaman belajar positif, pemahaman norma, interaksi, fasilitas belajar.

Abstract

Lingkungan belajar yang efektif merupakan kunci utama dalam menciptakan pengalaman belajar yang positif dan berdaya guna bagi mahasiswa. Lingkungan ini tidak hanya mencakup kondisi fisik ruang kelas, tetapi juga melibatkan aspek sosial, psikologis, teknologi, dan budaya yang mempengaruhi proses pembelajaran. Di era globalisasi dan revolusi digital, universitas dituntut untuk menyediakan lingkungan belajar yang adaptif dan mendukung pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini membahas konsep lingkungan belajar yang meliputi kondisi fisik, sosial, dan psikologis yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis survei untuk menggambarkan karakteristik populasi mahasiswa Universitas Pamulang melibatkan 105 mahasiswa aktif melalui kuesioner yang berisi pernyataan terstruktur. Hasil penelitian ini menekankan perlunya pengembangan strategi untuk meningkatkan interaksi, pemahaman norma, dan perbaikan fasilitas, yang secara keseluruhan dapat mendukung pengalaman belajar yang lebih optimal bagi mahasiswa.

References

Cleveland, B. dan Fisher, K. 2014. ‘The evaluation of physical learning environments: A critical review of the literature’, Learning Environments Research, 17(1), pp.1–28. doi: 10.1007/s10984-013-9149-3. 7 oktober 2022.

Ellickson, R. C. (1991). "Order Without Law: How Neighbors Settle Disputes." Harvard University Press.

Fraser, B.J. (1998). Science learning environments: Assessment, effects and determinants. In B.J. Fraser & K.G. Tobin (Eds.), International handbook of science education(pp. 527-564). Dordrecht, The Netherlands: Kluwer

Gagne, Robert M., The Cognitive Psychology of School Learning, Boston Toronto: Little, Brown and Company, 1985.

Harasim, L. (2012). Learning theory and online technologies. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203846933

Jensen, J. F., & Funder, J. W. (2020). "Classroom Interaction: A Key Element in Effective Learning." Journal of Educational Psychology, 112(3), 432-445.

Kuh, G. D. (2009). The national survey of student engagement: Conceptual and empirical foundations. New Directions for Institutional Research, 2009(141), 5-20.

Kurniawan, D. (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen.

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2017). "Improving the Quality of Education: The Role of Educational Facilities." International Journal of Educational Development, 57, 1-10.

Sadewa, P. (2021). Pengaruh Layanan Akademik dan Lingkungan Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang. Prosiding Senantias.

Yulianti, E. (2018). Peran Disiplin dan Norma Kelas Dalam Peningkatan Kinerja Akademik. Jurnal Pendidikan.

Published

2024-12-20

How to Cite

Ramdhan, P. M., Andayaresmi, B. U., Salsabila, F., & Mulyadi. (2024). Analisis Lingkungan Belajar di Kampus Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 964–971. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46126