Analisis Sikap Mahasiswa Terhadap Kecerdasan Buatan
Keywords:
Sikap mahasiswa, kecerdasan buatan, pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana siswa melihat kecerdasan buatan dalam konteks pendidikan. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan survei terhadap 100 responden, hasil menunjukkan bahwa 98,1% mahasiswa percaya bahwa Al memiliki potensi positif dalam meningkatkan proses pembelajaran, aksesibilitas, dan kreativitas. Meskipun demikian, terdapat kekhawatiran mengenai ketergantungan pada Al yang dapat mengurangi kemampuan berpikir kritis. ChatGPT diidentifikasi sebagai alat Al favorit di kalangan responden, diikuti oleh Perplexity dan Gemini. Penelitian ini n ini menekankan pentingnya integrasi edukasi tentang penggunaan Al yang efektif dan etis dalam kurikulum pendidikan untuk memaksimalkan manfaatnya. mendorong siswa berpikir kreatif dan kritis. Kesimpulan Penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan dan menyarankan eksperimen mendatang.
References
Apriliani, D. (2024). Penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262
Nurmila, D. Z., Asmaranti, N. A., Fadhilla, N. N., & Lameikasya, Z. N. (2024). Implementasi Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Bahasa Dan Budaya, 2(2), 238–246. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.652
Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, 2, 615–630.
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.