Persepsi Diri Terhadap Efek Positif dan Negatif Konsumsi Pornografi di Kalangan Mahasiswa Universitas Pamulang

Authors

  • Khairul Ramadhan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Muhammad Fatir Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Isep Amas Priatna Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Konsumsi Pornografi Mahasiswa Persepsi Diri

Abstract

Konsumsi pornografi di kalangan mahasiswa menjadi topik yang semakin diperhatikan karena dampaknya pada cara mereka melihat diri sendiri dan hubungan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memahami baik efek positif maupun negatif dari konsumsi pornografi di Universitas Pamulang. Dalam studi ini, kami mengumpulkan data melalui kuesioner dari 100 responden, yang berfokus pada empat aspek utama: Pengetahuan Seksual (SK), Sikap Terhadap Seks (ATS), Persepsi dan Sikap Terhadap Lawan Jenis (PATOG), serta Kehidupan Secara Umum (LG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa merasa pornografi membantu mereka lebih memahami komunikasi dan preferensi seksual yang beragam. Namun, ada juga kekhawatiran mengenai dampak negatif, seperti harapan yang tidak realistis terhadap hubungan intim dan kurangnya penghargaan terhadap aspek emosional dalam interaksi. Rata-rata skor positif untuk SK adalah 2,48, sementara skor negatif mencapai 3,14. Pola yang sama terlihat pada ATS, PATOG, dan LG. Kesimpulannya, meskipun ada beberapa manfaat dari konsumsi pornografi, mahasiswa perlu waspada terhadap tantangan yang dapat memengaruhi kualitas hubungan mereka.

References

Hald, G. M., & Malmuth, N. M. (2008). Self-perceived effects of pornography consumption. Archives of Sexual Behavior, 37(4), 614-625. https://doi.org/10.1007/s10508-007-9212-1

Breiby, M. A., & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-02-2017-0013

Schmitt, B. H. (2010). Experiential Marketing: How to get customers to sense, feel, think, act, relate to your company and brands. New York: The Free Press.

Zietsman, M. L., Mostert, P., & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 2-19. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2018-0099

Brown, J. D., & L'Engle, K. L. (2009). X-rated: Sexual attitudes and behaviors associated with U.S. early adolescents' exposure to sexually explicit media. Communication Research, 36(1), 129-151. https://doi.org/10.1177/0093650208326465

Morgan, E. M. (2011). Associations between young adults' use of sexually explicit materials and their sexual preferences, behaviors, and satisfaction. Journal of Sex Research, 48(6), 520-530. https://doi.org/10.1080/00224499.2010.543960

Smith, C. P., & Attwood, F. (2013). Anti/pro-porn feminism: Mapping debates in feminist theory. Feminist Review, 105(1), 1-10. https://doi.org/10.1057/fr.2013.8

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Ramadhan, K., Fatir, M., & Priatna, I. A. (2024). Persepsi Diri Terhadap Efek Positif dan Negatif Konsumsi Pornografi di Kalangan Mahasiswa Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1057–1067. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46150