Analisis Minat Belanja Online Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Pamulang Pada Platform Shopee

Authors

  • Nur Aini Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Fanny Dwi Azzahra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Winda Ratna Sari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Muger Apriyansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Minat beli, persepsi kualitas, ketertarikan, frekuensi pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belanja online pada platform Shopee dengan mempertimbangkan tiga indikator utama yaitu persepsi kualitas, ketertarikan, dan frekuensi pembelian. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, platform e-commerce seperti Shopee telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna dalam berbelanja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada pengguna aktif Shopee di berbagai wilayah. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif dan analisis hubungan rata-rata antar untuk mengidentifikasi hubungan antara ketiga indikator dengan minat belanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas produk dan layanan di Shopee berpengaruh signifikan terhadap ketertarikan konsumen untuk berbelanja. Selain itu, ketertarikan tersebut juga berkontribusi pada peningkatan frekuensi pembelian, yang mengindikasikan adanya hubungan positif antara minat belanja dan pengalaman pengguna di platform. Hasil ini memberikan wawasan penting bagi pemilik platform e-commerce dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, serta meningkatkan kualitas layanan dan produk yang ditawarkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan teori perilaku konsumen dalam konteks belanja
online serta membantu pelaku industri dalam memahami faktorfaktor yang memengaruhi keputusan belanja konsumen di era digital.

References

Dani, R., Firayanti, Y., & Wulansari, F. (2024). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap

Perilaku Konsumtif pada Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas

Ekonomi Universitas Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat). AKSIOMA: Jurnal Sains Ekonomi

dan Edukasi, 1(8), 561-580.

Kafi, N. L., Prabowo, H., & Gultom, H. C. (2023). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Presepsi Risiko

dan Keamanan Terhadap Minat Beli untuk Bertransaksi Secara Online di Shopee. Innovative:

Journal Of Social Science Research, 3(4), 2410-2422.

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace

Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of

Education and Technology, 1(1), 24-29.

Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2024). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas

Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Musytari: Neraca Manajemen,

Akuntansi, dan Ekonomi, 3(2), 61-70.

Asih, E. M. (2024). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Jurnal

Ekonomi Bisnis Antartika, 2(1), 73-79.

Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan,

dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace

Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548-557.

Published

2024-12-21

How to Cite

Ramadhani, N. A., Azzahra, F. D., Sari, W. R., & Apriyansyah, M. (2024). Analisis Minat Belanja Online Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Pamulang Pada Platform Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1133–1137. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46177