KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN ONLINE
Keywords:
Kepuasan siswa, perkuliahan online, pembelajaran jarak jauh, teknologi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan daring, suatu bentuk pengajaran yang semakin lazim khususnya dalam beberapa bulan terakhir dan selama pandemi COVID-19. Perkuliahan daring merupakan perubahan signifikan dalam metode pengajaran karena fokusnya yang tinggi pada fleksibilitas dan aksesibilitas; namun, efektivitasnya telah banyak diperdebatkan di kalangan mahasiswa. Faktor-faktor seperti interaktivitas dan kemampuan mempelajari materi, kualitas sumber daya manusia termasuk kompetensi guru, dan kualitas infrastruktur teknologi yang dibutuhkan semuanya dapat memengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan daring. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, kuesioner disebarkan kepada 102 mahasiswa dari berbagai program; bagian berikut membahas analisis kepuasan mahasiswa terhadap faktor-faktor tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fleksibilitas dalam waktu dan aksesibilitas memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa; di sisi lain, kurangnya interaksi tatap muka dengan dosen atau teman sebaya dapat menyebabkan kesulitan dalam memahami materi secara menyeluruh. Kualitas koneksi internet juga harus dicantumkan sebagai faktor penting dalam kenyamanan seseorang saat belajar. Secara keseluruhan, penelitian menyimpulkan bahwa, meskipun memiliki banyak keuntungan, interaktivitas dan dukungan teknis yang lebih tinggi diperlukan untuk kepuasan penuh siswa dan peningkatan hasil mereka.
References
Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students' perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45-51. https://doi.org/10.33902/JPSP.2020261309
Anderson, T., Rourke, L., Garrison, D. R., & Archer, W. (2001). Assessing teacher presence in a computer conferencing context. Journal of Asynchronous learning networks, 5(2), 1-17.
Bao, W. (2020). COVID‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113-115.
Di Pietro, G., Biagi, F., Costa, P., Karpinsk, L. & Mazza, J. (2020). The likely impact of COVID-19 on education: Reflections based on the existing literature and international datasets. JRC Working Papers Series.
Elliott, K. M., & Shin, D. (2002). Student satisfaction: An alternative approach to assessing this important concept. Journal of Higher Education Policy and Management, 24(2), 197-209.
González-Gómez, F., Guardiola, J., Martín Rodriguez, Ó., & Alonso Miguel, A. (2012). Gender differences in e-learning satisfaction. Computers & Education, 58(1), 283-290.
Hrastinski, S. (2008). Asynchronous and synchronous e-learning. Educause quarterly, 31(4).
Moore, M. (1989). Three types of interaction. American Journal of Distance Education, 3(2), 1-6.
Moore, J. C., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. The Internet and Higher Education, 14(2), 129-135.
Sen, A. (1999). Poverty as capability deprivation. Development as freedom.
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers & education, 50(4), 1183-1202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.