ANALISIS YURIDIS IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 80 TAHUN 2019 TENTANG PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK DALAM PRAKTIK E-COMMERCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Siti Maimanah Universitas Pamulang
  • Dede Selamet Permana Universitas Pamulang

Abstract

Pesatnya pertumbuhan bisnis perdagangan elektronik (e-commerce) menjadi suatu penghargaan sekaligus menjadi tantangan bagi pemerintah. Pasalnya, sejumlah masalah yang berpengaruh terhadap ketidakpuasan pelanggan belum terselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara yuridis implementasi Undang-Undang Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik pada praktik perdaganagan secara elektronik dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum kualitatif, dengan metode pendekatan secara  yuridis normatif. Sumber data dalam penelitian  ini yaitu sumber data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada ketidaksesuaian antara regulasi yang diatur oleh pemerintah dengan tata laksana dan prosedur yang berlaku pada perdagangan elektronik (e-commerce) dalam hal pengiriman barang atau jasa dan ketidaksesuaian tersebut menyebabkan ketidakpuasan pelanggan. Sehingga peraturan pemerintah perlu dilakukan penyesuaian atau revisi agar lebih jelas, detail, dan tidak multitafsir, serta mekanisme keluhan pelanggannya dibuat secara terintegritasi dengan mekanisme penyelesaiannya menganut prinsip locus delicti atau kompetensi absolut sehingga penyelesainnya menjadi lebih cepat.

References

Buku

Abdul, H.B. 2017. Hukum Transaksi Elektronik Sebagai Panduan Mengahadapi Era Digital Bisnis E-commerce di Indonesia . Bandung: Nusa Berung

Kotler, P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Inseks.

Kotler, Philip. 2008. Principle Of Marketing 12th Edition. Prinsip-prinsip Pemasaran (12th Ed). Ahli Bahasa: Sabran, Bob. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Cristopher, and Jochen Wirtz. 2011. Service Marketing, People, Tecnology, Strategy. New Jersey.

Sunggono, Bambang. 2003. Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: PT Raja

Susanto, Happy. 2008. Hak-Hak Konsumen Jika Dirugikan. Jakarta: Transmedia Pustaka

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Jurnal

Elu, Balthasar. 2005. Manajemen Penanganan Komplain Konsumen di Industri Jasa. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi Vol. 13, No. 3 (September).

Gilbert, G.R. et.al. 2004. Measuring Customer Satisfaction in The Fast Food Industry: A cross-national Approach. The Journal of Services Marketing, 18.

Parasuraman, A. & Zeithaml, V.A. 2004. Reassessment Of Expectations As A Comparison Standard In Measuring Service Quality : Implications For Future Research. Journal Of Marketing

Pratiwi, Heni. 2020. Analisis Yuridis Klausul Disclaimer Oleh Pelaku Usaha Pada Situs Jual Beli Online (E-Commerce), 1 (1). Indonesian Private Law Review. Fakultas Hukum, Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia.

Wati, S & Fitrin, R.S. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 7 (2)

Yati, N. I, & M. Yasir, S. 2021. Metodologi Normatif Dan Empiris Dalam Perspektif Ilmu Hukum. Jurnal Penegakan Hukum Indonesia (JPHI), 1(2)

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem Dan Transaksi Elektronik

Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik

Website

Shopee.co.id, Pusat Edukasi Penjual Indonesia, link https://seller.shopee.co.id/edu/article/3384 , diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Lazada.co.id, Lazada Term of use, link https://www.lazada.co.id/terms-of-use, diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Tokopedia.com, Term & Conditions, link https://www.tokopedia.com/terms, diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Jet.co.id , Ketentuan J&T Express Indonesia, link https://jet.co.id/information/terms, diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Jne.co.id. Pemeriksaan Kiriman, link https://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express/syarat-dan-ketentuan-pengiriman, diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Antareja.id. Term And Conditions, link https://anteraja.id/terms-and-conditions, diakses pada tanggal 24 maret 2022

Katadata.co.id, 11 januari 2022, YLKI: Anteraja Perusahaan Ekspedisi Paling Banyak Dikeluhkan Konsumen, link https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/11/ylki-anter-aja-perusahaan-ekspedisi-paling-banyak-dikeluhkan-konsumen, diakses pada tanggal 24 maret 2022

Adammuiz.com, Terms And Conditions : Pengertian. Fungsi,Manfaat Dan Contoh Cara Membuat, link https://adammuiz.com/pengertian-terms-and-conditions/, diakses pada tanggal 23 Maret 2022

Ekonomi.bisnis.com, Pengaduan Konsumen Meningkat 10 Kali Lipat Mayoritas Soal E-Comercee, link https://ekonomi.bisnis.com/read/20220107/12/1486562/pengaduan-konsumen-meningkat-10-kali-lipat-mayoritas-soal-e-commerce, diakses pada tanggal 23 Maret 2022

Hukumonline.com, Pentingnya Memahami Term and Conditions saat menggunakan platform digital, link https://www.hukumonline.com/berita/a/pentingnya-memahami-term-and-condition-saat-menggunakan-platform-digital-lt617c098519863?page=2, diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Downloads

Published

2022-09-18