PERAN SEKRETARIS DALAM PENANGANAN TELEPON PADA KANTOR KEDEPUTIAN STANDAR NASIONAL SATUAN UKURAN DI BADAN STANDARDISASI NASIONAL, PUSPIPTEK-TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9685Abstract
ABSTRAK
Penanganan telepon merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang sekretaris. Bagi seorang sekretaris, telepon merupakan piranti pokok guna mendukung efektivitas dan efisiensi kerjanya. Dengan telepon, informasi dapat disampaikan dan diterima dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui peran sekretaris dalam penanganan telepon yang dilakukan dan hambatan-hambatan yang sering terjadi pada saat berkomunikasi melalui telepon pada Kantor Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran di Badan Standardisasi Nasional, Puspiptek-Tangerang Selatan. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi melalui wawancara dan melihat langsung kegiatan yang dilakukan. Peran sekretaris dalam penanganan telepon pada Kantor Kedeputian Standar Satuan Ukuran Di Badan Standardisasi Nasional, memegang peranan yang penting dan dapat menentukan berhasil dan tidaknya tujuan perusahaan. Pentingnya peran sekretaris seorang sekretaris tentunya sesuai dengan jabatan sekretaris pada masing masing kantor. Adapun hambatan yang sering terjadi dalam penanganan telepon antara lain kondisi peralatan, faktor pemakaian dan kesalahpahaman dalam bertelepon. Penulis menyarankan untuk meningkatkan kualitas penanganan telepon perlu dilakukan peningkatan kualitas jaringan, pembuatan SOP (Standard Operating Procedure) penerimaan telepon, membuat daftar nomor-nomor penting dan memberikan kesempatan sekretaris untuk mengikuti pelatihan hard skill dan soft skill.
Kata Kunci: Peran Sekretaris, Penanganan Telepon
THE ROLE OF SECRETARY IN PHONE HANDLING IN THE NATIONAL STANDARD DEPUTY OFFICE SIZE UNIT IN THE NATIONAL STANDARDIZATIOB AGENCY, PUSPIPTEK-SOUTH TANGERANG
ABSTRACT
Handling telephone is one of the abilities that must be mastered by a secretary. For a secretary, the telephone is a basic tool to support the effectiveness and efficiency of their work. By telephone, information can be conveyed and received quickly. The study aims to determine the role of the secretary in handling telephone calls and the obstacles that often occur when communicating by telephone at The Deputy Office for National Standards of Measurement Unit at The National Standardization Agency for Indonesia, Puspiptek-South Tangerang.The research method used is to use the method of observation through interviews and seeing directly the activities carried out. The role of secretary in telephone calls handling at the Deputy for Standardization Unit of Measurement in The National Standardization Agency plas an important role and can determine the success or not of company goals. The importance of the role of the secretary is of course in accordance with the position of secretary in each office. The obstacle that often occur in telephone handling include the condition of equipment, usage factors and misunderstandings in telephone calls.The author suggest improving the quality of telephone handling is need to improve network quality, making Standard Operating Procedure (SOP) fot telephone reception, make a list of important numbers and give secretary the opportunity to take part in hard skills and soft skills training.
Keywords: The role of Secretary, Phone handling