PERAN SALES DALAM MEMBANGUN PELAYANAN PRIMA TERHADAP CUSTOMER PADA PT GARUDA TEHNIK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9687Abstract
ABSTRAK
Perusahaan mengharapkan konsumennya untuk tetap menjadi pelanggan setia dan tidak berpindah kompetitornya. Namun hal itu memerlukan usaha terbaik agar konsumen dapat selalu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Pelayanan Prima menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh PT Garuda Tehnik Indonesia untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap pelayanan perusahaan. Oleh karena itu, peran sales menjadi hal yang terpenting dalam membangun pelayanan prima karena sales menjadi salah satu pihak yang berhubungan langsung dengan konsumen. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini mengangkat topik “Peran Sales dalam Membangun Pelayanan Prima terhadap Customer pada PT Garuda Tehnik Indonesiaâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sales dalam membangun pelayanan prima pada PT Garuda Tehnik Indonesia. Dengan menggunakan metode Observasi serta Studi Pustaka, peneliti mengumpulkan data secara langsung di lokasi penelitian dan menggunakan penelitian terdahulu sebagai literatur tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Prima yang dilakukan oleh PT Garuda Tehnik Indonesia kurang maksimal sehingga masih banyak konsumen yang mengeluh kurangnya pelayanan mereka kepada konsumen.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Peran Sales, PT Garuda Tehnik Indonesia, Kepuasan Pelanggan
SALES ROLE IN BUILDING EXCELLENT SERVICE TO THE CUSTOMERS AT PT GARUDA TEHNIK INDONESIA
ABSTRACT
A company expects its customers to remain loyal customers. However, it requires the best efforts so that consumers can always feel satisfied with the services provided. Excellent service is one of the methods used by PT Garuda Tehnik Indonesia to increase customer satisfaction with company services. Therefore, the role of sales is the most important thing in building excellent service because sales are one of the parties that are directly related to consumers. In this regard, this study raises the topic "The Role of Sales in Building Excellent Service to Customers at PT Garuda Tehnik Indonesia". This study aims to determine how the role of sales in building excellent service at PT Garuda Tehnik Indonesia. By using the method of observation and literature study, the researcher collected data directly at the research location and used previous research as additional literature. The results showed that the excellent service provided by PT Garuda Tehnik Indonesia was not optimal so that there were still many consumers who complained about their lack of service to consumers.
Keywords: Excellent Service, Sales role, PT Garuda Tehnik Indonesia, Customer Satisfaction