MOTIF TIE DYE PADA PRODUK TEKSTIL MENURUT PEBISNIS ONLINE DI TENGAH PANDEMI

Authors

  • Cintya Anindita
  • Salma Ayu Nisa Romadhon
  • Saskia Afriyanti

DOI:

https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9690

Abstract

ABSTRAK

 

Penggunaan corak tie dye semenjak datangnya virus covid-19 ke Indonesia kembali menarik perhatian para pengguna sosial media khususnya pada aplikasi belanja online yang hampir kebanyakan penjual mempromosikan barang dagangannya berupa produk bercorak tie dye. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat alasan corak tie dye kembali menjadi trending pada tahun 2020 dan seberapa pesat tingkat penjual yang mengalih fungsikan dagangannya menjadi penjual produk tekstil bercorak tie dye ditengah pandemi yang melanda saat ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi atau mengamati sampling yang ada pada artikel maupun jurnal  tie dye yang sebelumnya sudah ada. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa corak tie dye atau corak ikat celup ini tidak hanya sekedar corak tradisional yang sudah ketinggalan zaman. Corak ini dapat menjadi daya tarik konsumen dan dapat menyesuaikan perkembangan zaman dengan inovasi-inovasi baru dari para tangan-tangan kreatif yang tepat sehingga dapat menghasilkan sebuah rancangan yang menarik dan indah  serta dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

 

Kata kunci : tie dye, bisnis online, pandemic, inovasi

 

TIE DYE PATTERNS  IN TEXTILE PRODUCTS BY ONLINE BUSINESSES IN THE MIDDLE OF PANDEMI

ABSTRACT 

The use of the tie dye pattern since the arrival of the covid-19 virus to Indonesia has again attracted the attention of social media users, especially in online shopping applications, where almost all sellers promote their merchandise in the form of tie dye products. Therefore, this study aims to look at the reasons for the tie dye pattern to return to trending in 2020 and how fast the rate of sellers is converting their merchandise to become sellers of tie dye textile products amid the current pandemic. The data collection techniques used were in the form of observation or observing sampling in existing articles and tie dye journals. From the results of this study it can be concluded that the tie dye pattern or tie dye pattern is not just a traditional outdated pattern. This pattern can be a consumer attraction and can adapt to the times with new innovations from the right creative hands so that it can produce an attractive and beautiful design and can be a profitable business opportunity.

 

Keywords: tie dye, online business, pandemic, innovation

Downloads

Published

2021-03-21