PERAN ADMINISTRASI ONLINE E-COMMERCE DALAM MELAYANI PELANGGAN PADA TOKO HERBALTUM
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9695Abstract
ABSTRAK
Penulisan ini tentang peran administrasi online e-commerce dalam melayani pelanggan pada Toko Herbaltum. Tujuan dari laporan akhir ini adalah untuk mengetahui peran administrasi online e-commerce pada Toko Herbaltum. Wawancara, observasi dan riset kepustakaan digunakan dalam laporan ini sebagai metode penulisan Tugas Akhir. Berdasarkan data, ada tiga kendala yang di hadapi administrasi online di Toko Herbaltum, yaitu kurangnya pengetahuan tentang herbal, keterlambatan membalas pesan pelanggan di aplikasi whatsapp, serta penempatan produk di toko yang tidak teratur yang membuat pelanggan kesulitan untuk mencari suatu produk yang dicarinya. Berdasarkan pembahasan tentang peran administrasi online e-commerce dalam melayani pelanggan pada Toko Herbaltum penulis dapat membuat kesimpulan menjadi dua bagian yaitu layanan pemesan secara langsung dimana pelanggan dapat membeli produk secara langsung di toko dan layanan secara tidak langsung yang meliputi pelayanan melalui e-commerce maupun whatsapp, serta layanan informasi untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan yang berkaitan dengan herbal. Dan juga penulis menyarankan bahwa administrasi online harus lebih belajar banyak tentang herbal agar lebih memudahkan menjawab pertanyaan pelanggan secara online maupun offline, dan selalu mengecek aplikasi whatsapp secara berkala untuk menghindari kekecawaan pelanggan karena respon yang terlalu lambat dan membuat toko kehilangan pelanggan.
Kata Kunci: E-commerce, Online, Pelanggan, Whatsapp, Herbal
THE ROLE OF ONLINE E-COMMERCE ADMINISTRATION IN SERVING CUSTOMERS IN HERBALTUM STORE
ABSTRACT
This writing is about the role of e-commerce online administration in serving customers at the Herbaltum Store. The purpose of this final report is to determine the role of online e-commerce administration at Herbaltum Stores. Interviews, observation and literature research are used in this report as a method for writing the final project. Based on the data, there are three obstacles faced by online administration at the Herbaltum Store, namely lack of knowledge about herbs, delays in replying to customer messages on the WhatsApp application, and irregular placement of products in stores that make it difficult for customers to find a product they are looking for. Based on the discussion about the role of e-commerce online administration in serving customers at the Herbaltum Store, the authors can make conclusions into two parts, namely direct direct ordering services where customers can buy products directly at the store and indirect services which include services through e-commerce and WhatsApp. , as well as information services to provide answers to customer inquiries related to herbs. And also the authors suggest that online administration should learn more about herbs to make it easier to answer customer questions online and offline, and always check the WhatsApp application regularly to avoid customer disappointment because the response is too slow and makes stores lose customers.
Keywords: E-commerce, Online, Customers, Whatsapp, Herbal