PENDEKATAN KOMPETENSI MAHASISWA TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI MELALUI SINERGI KOLABORASI
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9706Abstract
ABSTRAK
Kompetensi mahasiswa tata busana merupakan kemampuan kerja setiap mahasiswa. Kemampuan kerja tersebut meliputi tiga aspek yaitu: pengetahuan, sikap serta keterampilan bidang busana yang sesuai standar yang ditetapkan. Kemampuan kerja ini tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses pembelajaran yang ditempuh dan dialami saat berada di bangku kuliah. Baik pengalaman didalam kampus maupun pengalaman di luar kampus. Selama proses inilah yang akan memberi warna pada kompetensi mahasiswa yang disiapkan untuk bekerja di Industri , maupun berwira usaha di bidangnya. Untuk mencapai kompetensi mahasiswa Tata busana dibutuhkan pengalaman di belajar didalam maupun diluar. Pengalaman-pengalaman yang mendekatkan dengan dunia industri menjadi sangat penting artinya bagi mahasiswa. Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi bidang busana tentulah melibatkan berbagai pihak, antara lain : dosen, Mahasiswa,Tenaga kependidikan, praktisi danindustri mitra dan lembaga sertifikasi profesi. 6 unsur tersebut saling terkait satu dan lainnya. Untuk mencapai kompetensi sesuai yang diharapkan maka sinergis kolaborasi menjadi hal yang penting. Tujuan penulisan ini adalah untuk memperkaya wawasan tentang pendekatan kompetensi mahasiswa tata busana di UM sesuai kebutuhan industri. Metode yang yang digunakan adalah dengan mengkaji pustaka terkait yaitu Sistematik Literatur review. Simpulan dari penulisan, pendekatan kompetensi mahasiswa tata busana dapat dilakukan dengan cara sinergis kolaborasi, yaitu Kolaborasi pembelajaran antar dosen dan antar praktisi, Kolaborasi Dosen dan Industri, Kolaborasi Mahasiswa dan industri, Kolaborasi prodi dengan lembaga sertifikasi Profesi.
Kata Kunci: Pendekatan , kompetensi, mahasiswa Tata busana Universitas negeri Malang, kebutuhan industri, sinergi kolaborasi
APPROACH TO THE COMPETENCY OF STUDENTS
IN UNIVERSITAS NEGERI MALANG WITH INDUSTRIAL NEEDS THROUGH COLLABORATION SYNERGY
ABSTRACT
Fashion student competence is the work ability of every student. The work ability includes three aspects, namely: knowledge, attitudes and skills in the field of clothing according to the set standards. This work ability cannot be separated from a learning process that is taken and experienced while in college. Good on-campus experience and off-campus experience. It is during this process that will give color to the competence of students who are prepared to work in Industry, as well as to become entrepreneurs in their fields. To achieve student competency in fashion, it takes experience in learning inside and outside. Experiences that get closer to the industrial world are very important for students. The learning process to achieve competence in the fashion sector certainly involves various parties, including lecturers,students, education staff, practitioners, industry partners and professional Certification bodies as partners. The 3 elements are related to one another. To achieve the expected competencies, synergic collaboration is important. The purpose of this paper is to enrich the insights about improving the competence of fashion design students at UM. The method used is to review the related literature. The conclusion from the writing, increasing the competence of students in fashion design can be done by synergistic collaboration, namely learning collaboration between lecturers and between practitioners, collaboration between lecturers and industry, collaboration between students and industry, Collaboration of study programs between Professional certification body.
Keywords: Approach, Competence, Universitas Negeri Malang Fashion Students, Industrial Needs, Collaborative Synergyis